Loading...

4 Masalah yang sering menjadi penyebab banjir saat musim hujan

Bencana banjir seringkali datang saat musim penghujan tiba. Banjir selalu meninggalkan dampak buruk, baik bagi lingkungan atau kesehatan tubuh kita.

Selain karena faktor curah air hujan yang tinggi, banjir bisa diakibatkan karena ulah dari manusia sendiri. Hutan yang gundul, membuang sampah di sembarang tempat dan membuat perumahan di sepanjang aliran sungan bisa menjadi penyebab banjir yang kerap kali datang saat musim hujan tiba.

1. Membuang sampah di sembarang tempat

Membuang sampah sembarangan, khususnya di sungai menyebabkan terjadinya penyempitan aliran sungai. Air hujan yang seharusnya mengalir secara bebas jadi terhambat dan berkurang hingga akhirnya meluap ke daratan.

2. Penebangan hutan

Akar-akar pohon membantu bagi tanah untuk bisa menyerap air secara maksimal. Ketika pepohonan tidak ada, maka air akan langsung mengalir tanpa bisa diserap secara maksimal oleh tanah.

3. Pembangunan pemukiman

Berkurangnya lahan kosong yang diubah menjadi lahan pemukiman menyebabkan daya resap air hujan jadi berkurang.

4. Erosi tanah

Erosi atau pengikisan tanah yang ikut terbawa air hujan bisa menyebabkan pendangkalan sungai atau aliran air. Akibatnya, ketika curah hujan tinggi, kemungkinan meluapnya air sungai pun semakin besar.

Datangnya banjir saat musim penghujan perlu diwaspadai. Selain merusak lingkungan, banjir juga berdampak buruk pada kesehatan tubuh kita. Ancaman terhadap berbagai serangan seperti diare, demam berdarah atau penyakit kulit seperti gatal-gatal pun akan semakin meningkat ketika maupun setelah banjir.

loading...
Loading...
4 Masalah yang sering menjadi penyebab banjir saat musim hujan | akbar | 4.5