Loading...

4 Manfaat mentimun bagi kesehatan

Mentimun atau ketimun sering digunakan sebagai sayur, lalapan, acar atau jus. Dalam mentimun, terdapat kadar air yang cukup tinggi, vitamin, mineral serta nutrisi lainnya seperti folat, kalium, natrium, kalsium dan fosfor. Mengkonsumsi mentimun setiap hari pun sangat baik bagi kesehatan dan menjaga kondisi tubuh.

Mentimun juga memiliki segudang manfaat, salah satunnya dapat membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan. Lantas, penyakit apa saja yang dapat diredakan dengan jenis sayuran ini? Berikut ulasannya.

1. Mencegah Kanker
Mentimun mengandung beberapa macam zat yang dapat mengurangi produksi estrogen pada tubuh. Estrogen inilah yang berhubungan erat dengan timbulnya beberapa sel kanker yang menyerang organ intim seperti kanker payudara, kanker serviks, kanker rahim serta kanker prostat.

2. Mencegah Dehidrasi
Karena mengandung kadar air yang cukup tinggi, mentimun sangat baik dikonsumsi demi menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Selain memberikan efek mendinginkan, mentimun juga dapat membantu proses detoksifikasi.

3. Obat Nyeri sendi
Apakah anda sering mengalami nyeri sendi, cobalah konsumsi mentimun secara rutin. Silika yang terkandung dalam mentimun bermanfaat untuk mengurangi nyeri sendi serta memperkuat jaringan ikat pada otot, ligamen, tendon serta tulang rawan.

3. Obat Sakit kepala
Sakit kepala seperti migrain dapat diatasi dengan cara mengkonsumsi mentimun. Biasanya rasa nyeri di kepala disebabkan oleh dehidrasi atau kondisi usai mabuk berat. Kandungan mineral dalam mentimun tentu dibutuhkan oleh tubuh agar kembali fit.

4. Obat Diabetes
Mentimun juga dipercaya dapat mengatasi diabetes. Hal ini dikarenakan sayuran berwarna hijau keputihan ini dapat menurunkan sedikit kadar gula dalam darah. Tak hanya itu, mentimun juga dapat menurunkan kadar kolestrol serta tekanan darah tinggi. Minumlah jus mentimun secara rutin saat pagi dan malam hari sehingga anda dapat merasakan khasiatnya.

loading...
Loading...
4 Manfaat mentimun bagi kesehatan | akbar | 4.5