Loading...

4 Manfaat menjadi stay home dad dalam kehidupan rumah tangga

Menjadi stay home dad atau bapak rumah tangga mungkin masih terdengar aneh dan kurang lazim. Namun kondisi ini bisa terjadi pada keluarga manapun. Misalnya suami yang memang bekerja di rumah atau karir istri yang memang lebih baik sehingga membuat banyak pria menjalankan peran tradisional wanita seperti mengurus anak dan keperluan rumah tangga.

Pertukaran peran antar suami dan istri ini dianggap dapat menyebabkan friksi dan percekcokan. Padahal menjadi stay home dad juga memberikan dampak positif bagi kehidupan rumah tangga, seperti:

1. Menggantikan peran ibu
Istri yang memiliki karir yang mapan biasanya waktunya tersita oleh urusan pekerjaan sehingga membuat urusan mengurus anak menjadi terbengkalai. Disinilah peran suami sebagai bapak rumah tangga diperlukan. Seorang pria dapat menjadi sosok pemimpin sekaligus pengasuh anak-anak sehingga perkembangan anak-anak menjadi lebih terkontrol karena pengawasan langsung dari orangtua.

2. Lebih dekat dengan anak
Jika dulu banyak suami yang sibuk bekerja dan tidak bisa menghabiskan waktu bersama anak-anaknya. Dengan menjadi stay home dad tentu akan membuat mereka lebih dekat dengan buah hatinya. Ia akan menjadi teman untuk anak-anaknya sehingga anak tidak merasa kesepian dan tidak punya seseorang untuk diajak bercerita. Tentunya hal ini sangat baik untuk perkembangan emosi anak.

3. Urusan rumah tangga lebih terurus
Dibandingkan mengandalkan asisten rumah tangga, pria yang menjadi stay home dad lebih bisa diandalkan untuk mengurus keperluan rumah dan anak-anak. Hal ini dikarenakan suami tahu apa-apa saja yang harus dikerjakan sehingga tugas di rumah menjadi lebih efisien dan terurus.

4. Keluarga lebih harmonis
Pembagian tugas antara suami dan istri yang sudah disepakati bersama membuat keluarga menjadi lebih harmonis. Suami bisa menjadi bapak rumah tangga sehingga urusan rumah dan anak-anak menjadi lebih terkontrol. Sementara bagi istri, bebannya pun menjadi lebih berkurang karena sosoknya di rumah digantikan oleh suami.

loading...
Loading...
4 Manfaat menjadi stay home dad dalam kehidupan rumah tangga | akbar | 4.5