Loading...

4 Manfaat dari mengonsumsi teh

Anda semua pasti sudah pernah merasakan minuman yang berasal dari ekstrak daun teh ini. Selain warnanya yang pekat dengan aromanya yang khas, teh juga memiliki citarasa yang lezat dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mengonsumsi secangkir teh setiap hari diyakini mampu mencegah plak di gigi hingga mengurangi risiko kanker. Jika ingin memiliki tubuh sehat, tak ada salahnya minum teh setiap hari seperti teh hijau, teh hitam atau teh oolong.

Apa lagi manfaat dari mengonsumsi teh bagi kesehatan? Berikut di antaranya.

1. Menjaga Kesehatan Mulut
Pertumbuhan bakteri di dalam mulut akan berkurang bila kita rajin berkumur dengan teh hitam yang sudah diseduh dan tanpa tambahan gula. Hal ini dapat mengurangi risiko gigi berlubang, pertumbuhan plak, infeksi dan sakit gusi. Tentunya manfaat ini bisa diperoleh jika Anda berkumur teh hitam 10 kali per hari.

2. Meningkatkan Daya Ingat
Konsumsi teh hijau ternyata mampu meningkatkan daya ingat. Ia dapat membantu konektifitas otak frontal dan parietal lebih aktif dan meningkat setelah minum 27,5 gram ekstrak teh hijau secara teratur. Hal ini membuat fungsi otak, memori kerja, dan daya ingat jadi lebih baik.

3. Anti Kanker
Teh hijau memiliki senyawa bernama polyphenol yang bersifat anti-kanker. Ini termasuk jenis antioksidan yang kuat dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Polyphenol diyakini dapat mencegah jenis kanker payudara, paru, serta membatasi tumbuhnya tumor.

4. Meningkatkan Kekuatan Otot
Teh dipercaya bisa mengurangi terjadinya stres oksidatif yang berakibat buruk pada otot dan tulang. Dengan mengonsumsi teh secara teratur, maka kekuatan otot akan jauh lebih baik ketimbang tidak mengonsumsi teh sama sekali. Teh juga dapat menjaga massa dan kekuatan otot.

loading...
Loading...
4 Manfaat dari mengonsumsi teh | akbar | 4.5