Loading...

4 Manfaat dari mengeluarkan rasa marah

Meski banyak orang menganggap melampiaskan amarah bisa menimbulkan masalah yang lebih besar, namun dilain sisi, ada juga manfaat jika seseorang marah. Namun harus diperhatikan, marah disini bukan berarti mengamuk, menyerang fisik atau mengeluarkan kata-kata tak pantas. Asalkan tidak berlebihan dan dalam porsi yang wajar, marah bisa memberikan beberapa manfaat seperti berikut.

1. Menjadi motivasi
Marah bisa jadi motivasi bagi seseorang untuk berubah menjadi lebih baik. Saat seseorang melampiaskan uneg-uneg yang membuatnya marah atau tersinggung, secara tidak langsung hal itu bisa mengubah keburukan yang sedang terjadi pada dirinya atau orang lain. Jika marahnya disebabkan oleh hal buruk yang terjadi di sekitar dirinya, ia akan tahu bahwa hal negatif itu tak disukai oleh banyak orang.

2. Merasa optimis
Marah bisa membuat seseorang lebih berpeluang untuk optimis dan bahagia. Hal ini disebabkan marah pertanda seseorang tidak takut menyuarakan emosinya. Memendam emosi dan bersikap pasif kerap membuat seseorang merasa sulit untuk optimis.

3. Tanda perhatian
Dalam hubungan cinta, marah kadang dibutuhkan untuk mengungkap rasa sayang atau rasa kecewa. Marah juga bisa menjadi tanda bahwa Anda memperhatikan pasangan dan ingin agar ia menjadi lebih baik lagi. Namun porsi marah yang dikeluarkan harus sesuai dengan kebutuhan, tidak berlebihan atau meledak-ledak.

4. Meredam kekerasan
Marah yang disalurkan dengan benar dapat menjadi peredam kekerasan. Saat Anda menahan marah, atau bersikap seakan tidak marah, orang lain akan terus melakukan kesalahan yang sama. Bila tak bisa menahan marah lagi, maka bisa meledak dan memicu kekerasan fisik. Tentunya lebih baik menyalurkan rasa marah dengan hal positif ketimbang melakukan kekerasan.

loading...
Loading...
4 Manfaat dari mengeluarkan rasa marah | akbar | 4.5