Loading...

4 Manfaat dari membaca buku

Membaca buku memang memiliki segudang manfaat. Selain dapat dapat membuka mata pengetahuan Anda terhadap banyak hal dan memperluas wawasan, membaca juga membawa dampak kesehatan seperti menghindarkan Anda dari insomnia dan kepikunan. Tentunya ini adalah manfaat positif yang sangat menguntungkan dari suatu kegiatan positif seperti membaca.

Sayangnya, budaya membaca di Indonesia masih sangat kurang karena dianggap kurang menarik dan membosankan. Sebagai motivasi bagi Anda untuk semakin menyukai kegiatan ini, berikut adalah empat manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari membaca:

1. Mengurangi stres
Dengan membaca, maka tingkat stres seseorang bisa dikurangi. Jenis bacaan yang santai bisa membantu Anda untuk lebih rileks dan melupakan permasalahan yang berat. Selain itu, membaca juga bisa disamakan dengan olahraga dan Tai Chi yang juga efektif menurunkan stres.

2. Melatih daya ingat
Kegiatan membaca dapat menurunkan risiko kepikunan yang dialami seseorang. Risiko pikun akan menurun hingga 30 persen jika seseorang memiliki rutinitas membaca. Selain itu, kemampuan kognitif orang yang gemar membaca akan lebih baik ketimbang yang tidak.

3. Mengatasi insomnia
Membaca sebelum tidur ternyata bisa membantu sesorang agar terhindar dari insomnia dan membuat tidur jadi lebih lelap. Membaca juga bisa jadi obat tidur yang mujarab serta membuat pikiran jadi lebih tenang. Tentu Anda bisa memilih jenis bacaan yang tepat sesuai kebutuhan sampai Anda mulai mengantuk ketika membacanya.

4. Mencegah alzheimer
Alzheimer dapat dicegah dengan cara banyak menggunakan otak dan melatih kemampuan kognitifnya. Cara melatih otak bisa dengan membaca, terlebih jika bacaan tersebut sedikit berat dan menguras otak. Jadi jika tidak ingin mengalami alzheimer, rajinlah membaca sejak masih muda.

loading...
Loading...
4 Manfaat dari membaca buku | akbar | 4.5