Loading...

4 Makanan yang bisa jadi pengganti kopi

Saat bangun pagi, biasanya seseorang menyeruput kopi agar lebih semangat. Para pekerja pun juga mengonsumsi secangkir kopi agar lebih fokus pada pekerjaan. Ngopi pun sudah menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan meski seseorang dianjurkan untuk minum 2-3 cangkir kopi saja agar terhindar dari efek negatifnya.

Namun, selain kopi, ada beberapa jenis makanan yang memiliki efek yang sama seperti menambah semangat dan lebih berkonsentrasi. Apa saja makanan itu? Simak ulasannya.

1. Apel
Berbeda dengan kopi yang mengandung kafein yang berefek buruk bagi tubuh. Kandungan fruktosa dari apel mampu menambah energi pada tubuh yang lemas. Zat gula alami ini pun dapat membuat tubuh lebih segar dan perut menjadi kenyang dalam waktu yang cukup lama. Karena itu, apabila anda kehabisan stok kopi, konsumsi saja buah apel sebagai cemilan.

2. Coklat
Ingin cemilan yang lebih manis, konsumsi saja coklat. Selain membantu memberikan energi bagi tubuh agar tak lemas saat bekerja, kandungan vitamin B12 didalamnya juga dapat meningkatkan fungsi kerja otak dan mengurangi risiko stres.

3. Garam
Bahan ini tak perlu dikonsumi dan cukup dihirup aromanya saja. Tubuh yang kurang semangat dan lemas biasanya akan segar kembali setelah mencium aroma tajam dari garam. Jika ingin mencobanya, lakukan secara perlahan agar bubuk garam tak ikut terhirup dan masuk ke dalam hidung.

4. Makanan beraroma tajam
Sama seperti garam, mencium aroma makanan yang berbau sedikit tajam seperti rendang, sate atau soto juga mampu menyegarkan tubuh kembali. Selain itu, aroma yang menyengat juga dapat menggugah selera makan. Untuk itu, anda bisa mengganti kopi dengan makanan berbau tajam untuk sekaligus dikonsumsi.

loading...
Loading...
4 Makanan yang bisa jadi pengganti kopi | akbar | 4.5