Loading...

4 Makanan Sehat untuk Mencegah Kanker Prostat

Kanker prostat adalah penyakit yang menyerang pada bagian reproduksi pria. Prostat sendiri mempunyai fungsi utama yaitu untuk mengeluarkan dan menyimpan sejenis cairan yang menjadi dua pertiga bagian dari air mani. Ketika seorang pria bermasalah dengan prostat-nya, maka kemungkinan besar dia juga akan bermasalah dengan masalah kesuburannya.

Kanker prostat merupakan salah satu penyakit yang paling banyak ditemui kedua setelah penyakit kandung kemih. Karena itu, sebisa mungkin kanker prostat dicegah sejak dini. Seperti yang dikutip dari lalam Boldsky, berikut ini adalah cara mencegah kanker prostat.

Seperti yang dikutip dari Askmen, berikut ini adalah empat makanan yang bisa anda konsumsi untuk mencegah kanker prostat.

1. Tomat
Makanan yang mengandung antioksidan merupakan makanan yang bisa kita manfaatkan sebagai makanan pencegah kanker, dan salah satunya adalah buah tomat yang banyak mengandung likopen. Likopen adalah pigmen golongan karotenoid yang memberi warna merah pada buah tomat sekaligus memiliki efek antioksidan. Menurut hasil dari sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2007, disebutkan bahwa tomat bisa meningkatkan aliran pembuluh darah pada alat reproduksi pria dan mengurangi risiko kanker prostat.

2. Kedelai
Kedelai memiliki kandungan antioksidan seperti genistein, daidzein dan glycitein yang semuanya masuk dalam golongan yang disebut isoflavon. Semua makanan yang berasal dari kedelai sangat sehat. Susu kedelai, tahu, tempe dan makanan kedelai lainnya bisa memerangi sel-sel yang kemungkinan berubah menjadi kanker.

3. Brokoli
Brokoli memiliki kandungan senyawa aktif Sulforaphane yang dapat mencegah terjadinya pembentukan sel-sel yang tidak terkontrol (kanker) pada bagian kelenjar prostat laki-laki. Menurut para peneliti, Sulforaphane adalah senyawa yang paling baik yang pernah mereka temukan dalam melawan dan membunuh sel-sel kanker, termasuk kanker prostat. Cara terbaik makan brokoli adalah memakannya dalam keadaan mentah atau bisa juga dimasak namun jangan terlalu matang agar kandungan zat aktif tersebut tidak banyak yang hilang.

4. Flax (Rami)
Rami (Boehmeria nivea) adalah tumbuhan yang biasa dimanfaatkan untuk membuat bahan kain, yaitu linen. Rami memiliki kandungan omega 3 yang cukup tinggi dan juga lignan yang merupakan senyawa antioksidan juga. Namun sayangnya, hanya sedikit studi yang meneliti kelebihan tumbuhan rami ini, padahal kandungan lignan yang ada di dalamnya merupakan antioksidan juga. Rami bisa ditemukan pada tepung-tepungan dan biji-bijian seperti sereal.

loading...
Loading...
4 Makanan Sehat untuk Mencegah Kanker Prostat | lawas | 4.5