Loading...

4 Makanan pereda rasa pedas

Mengkonsumsi makanan pedas memang sangat menngasyikan bagi mereka pencinta masakan pedas. Nafas yang tersengal-sengal ditambah keringat yang bercucuran menjadi sensasi tersendiri saat menyantap masakan pedas. Namun sebaiknya jangan mengkonsumsi secara berlebihan agar terhindar dari gejala penyakit ringan seperti sakit perut atau diare. Mengkonsumsi air dingin juga hanya meredakan rasa pedas di mulut secara sementara dan membuat anda ingin meminumnya lagi sehingga perut menjadi kembung.

Jika ingin meredakan rasa pedas di mulut secara cepat, sebaiknya anda konsumsi beberapa makanan berikut ini.

1. Air panas

Memang terdengar aneh jika rasa pedas dan panas dimulut malah ditambah lagi dengan minuman yang panas. Namun air panas yang cenderung hangat sangat berkhasiat untuk menetralisir dan meredakan rasa pedas. Minumlah air hangat seperti teh secara perlahan-lahan sampai sampai anda tidak merasakan pedas kembali.

2. Kerupuk

Mengkonsumsi kerupuk bisa menjadi alternatif pilihan sebagai makanan pereda rasa pedas. Kerupuk yang tidak dicampur dengan sambal akan membantu mereduksi rasa pedas ketika dikunyah oleh mulut. Sebaiknya jangan memakan kerupuk secara berlebihan agar anda terhindar dari gejala batuk.

3. Yogurt

Rasa asam dalam yogurt ternyata bermanfaat untuk meredakan rasa pedas di mulut. Mengkonsumsi yogurt sehabis makan tentu lebih aman ketimbang makanan atau minuman lainnya yang mengandung asam yang tajam dan dapat melukai lambung.

4. Permen

Permen ternyata juga dapat mengatasi masalah rasa pedas di mulut. Permen dengan rasa buah yang manis atau yang mengandung bahan herbal yang menghangatkan seperti jahe akan berkhasiat untuk mengurangi rasa pedas di lidah. Cobalah untuk mengkonsumsi permen sehabis makan makanan pedas agar rasa panas mereda serta membuat tenggorokan lebih plong.

Keempat makanan tersebut terbukti ampuh untuk meredakan rasa panas di mulut akibat mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan. Mengkonsumsi makanan pedas memang baik untuk kesehatan seperti membuang kalori dalam keringat atau meredakan influenza, namun ketika rasa pedas itu terlalu menyiksa tentunya akan membuat kita tidak nyaman sehingga harus segera diantisipasi dengan makanan pereda rasa pedas yang tepat.

loading...
Loading...
4 Makanan pereda rasa pedas | akbar | 4.5