Loading...

4 Langkah mudah untuk manajemen waktu yang baik

Mata uang paling berharga di dunia ini adalah waktu. Akan tetapi, tidak semua orang bisa menghargai atau memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Alhasil, banyak diantara mereka yang menyesal dan berharap waktu bisa diulang kembali.

Setiap orang memiliki jumlah waktu yang sama, yakni 24 jam. Dan waktu akan terus berjalan maju dan tak pernah bisa diulang. Diperlukan manajeman waktu yang baik sehingga anda bisa menggunakan waktu secara maksimal. Berikut adalah empat langkah untuk memmbuat manajemen waktu yang baik.

1. Buat schedule
Buatlah daftar tugas atau kegiatan apa saja yang akan anda lakukan dalam sehari, sebulan atau seminggu. Jangan lupa untuk mengurutkan setiap kegiatan mulai daru yang terkecil hingga yang terpenting dan mendesak. Dengan jadwal tersebut, anda akan semakin disiplin dalam menjalani rutinitas dan tidak membuang-buang waktu.

2. Buat prioritas
Jangan menghabiskan banyak waktu untuk satu kegiatan saja, kelompokam kegiatan-kegiatan dan yang menjadi prioritas karena membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikannya. Jangan lupa untuk memanfaatkan sisa waktu untuk tugas-tugas lainnya agar manajemen waktu lebih efektif.

3. Tulis deadline
Jika ada pekerjaan yang harus diselesaikan, tulislah kapan deadline atau pekerjaan itu harus selesai. Hal yang sama juga berlaku untuk kegiatan lain seperti membayar cicilan atau kredit sebelum jatuh tempo dan lain-lain. Bila perlu, tuliskan deadline dalam notes di meja kerja anda atau di kalender.

4. Kerjakan satu persatu
Jangan sekali-kali mencoba untuk bermulti-tasking atau melakukan berbagai pekerjaan dalam satu waktu. Kerjakan tugas satu persatu sesuai dengan schedule, prioritas atau deadline yang sudah anda buat. Mencampurkan semua kegiatan dalam satu waktu hanya membuatnya menjadi tidak efisien dan tugas menjadi berantakan.

loading...
Loading...
4 Langkah mudah untuk manajemen waktu yang baik | akbar | 4.5