Loading...

4 Jenis Makanan yang Harus Dihindari oleh Penderita Tifus

Tifus merupakan sebuah penyakit yang disebabkan karena kuman yang meradang dalam tubuh khususnya pada bagian lambung. Tifus biasanya disebabkan karena bakteri Salmonellatyphii, bakteri ini berkembang pada air yang kotor, makanan tercemar dan alas tidur yang kotor.

Untuk proses penyembuhan penyakit tifus berbeda dengan penyakit lainnya, dibutuhkan ekstra perhatian khusus kepada penderitanya, contohnya si penderita tifus dilarang melakukan banyak gerak, dan harus banyak melakukan istirahat secara total. Selain itu, bagi penderita tifus juga harus diwaspadai mengenai makanan yang dikonsumsinya. Pasalnya, tifus merupakan penyakit yang memberi efek masalah pada lambung seseorang, jika makanan yang dikonsumsi penderita tidak dibatasi maka yang ada akan menambah penyakit tifus tersebut lebih parah dan akan lama proses penyembuhannya.

Dan jenis-jenis makanan yang harus dihindari bagi penderita tifus ada banyak macamnya. Berikut ulasan mengenai jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita tifus :

1. Makanan Berlemak

Makanan berlemak membutuhkan proses yang lama untuk dicernanya di dalam tubuh, berbeda dengan makanan karbohidrat. Pencernaan baru akan mencerna makanan berlemak ketika makanan sampai di usus, jadi bagi penderita tifus yang mengkonsumsi makanan berlemak maka secara otomatis usus yang sedang dalam masalah akan dipaksa untuk bekerja mencerna makanan tersebut, dan itu bisa berakibat terjadinya pendarahan pada usus dan jika tetap dilanggar bisa berdampak pada kematian.

2. Makanan Pedas

Ketika kita mengkonsumsi makan yang pedas, keadaan di dalam lambung dan usus akan berbeda jika dibanding mengkonsumsi makanan lain. Pada saat kita mengkonsumsi makanan pedas pencernaan akan menjadi panas. Dan pada penderita tifus yang memang sedang mengalami cedera atau luka pada bagian usus, jika mengkonsumsi makanan pedas maka secara otomastis bisa mengakibatkan pembengkakan pada usus bahkan bisa mengalami pendarahan, yang juga akan berakibat fatal jika tidak menghiraukan makanan pedas bagi mereka yang menderita tifus.

3. Minuman Bersoda

Minuman yang mengandung soda sejatinya ketika kita meminumnya maka karbonasi soda di dalam perut akan meningkatkan kadar keasaman lambung. Ketika penderita tifus meminum minuman bersoda maka luka yang ada dibagian lambung yang diakibatkan oleh bakteri Salmonellatyphi akan terkena asam lambung yang meningkat akibat soda tersebut. Dan bisa dipastkan apa jadinya luka yang terkena asam, tentu akan membahayakan si penderita tifus tersebut.

4. Kopi

Jenis minuman ini memang memiliki efek yang sama pada saat kita mengkonsumsi minuman bersoda, dimana kadar kopi di dalam lambung juga dapat meningkatkan keasaaman lambung tersebut. Dan tentu itu sangat berbahaya bagi penderita tifus jika tetap meminum kopi, jika dibiarkan maka sama, penderita bisa mengalami pendarahan pada usus atau lambung yang juga bisa berakibat fatal.

Dari empat jenis makanan dan minuman tersebut, sebaiknya bagi penderita tifus untuk menghindarinya, kerana bukan kesembuhan yang akan didapat namun bahaya serta lamanya proses penyembuhan jika tetap mengkonsumsi makanan dan minuman di atas. Intinya bagi penderita tifus memang harus diperhatikan secara ekstra, dan harus mematuhi apa-apa makanan dan minuman yang menjadi pentangan untuk di konsumsi.

loading...
Loading...
minum darsi saat haid, makanan yg hrs dihindari penderita tipes, manfaat kolang kaling untuk diabetes, cara mengolah kolang kaling untuk diabetes, apakah penderita tipus dapat makan ikan lele, minuman sehabis onani, makanan yg tahan lama dilambung, makanan yg harus dipantang ketika luka bernanah, makanan pantangan uci uci, lele untuk typus, lele buat penderita typus, buah kolang kaling apakah obat diabetes, bahaya dari mengkonsumsi tepung kanji, typusboleh makanlele

4 Jenis Makanan yang Harus Dihindari oleh Penderita Tifus | akbar | 4.5