Loading...

4 Cara menjaga kesehatan mata

Mata adalah organ tubuh yang paling penting bagi kehidupan, dengan memiliki mata yang sehat maka anda akan mempermudah segala aktvitas anda. Tentunya anda juga harus menjaga dan merawat kesehatan salah satu organ vital tersebut agar terhindar dari gangguan atau penyakit seperti rabun jauh, rabun dekat, katarak bahkan kebutaan. Tak jarang beragam cara dilakukan untuk memperbaiki kondisi mata seperti memakai kacamata, soflens, melakukan lasik bahkan operasi pencangkokan kornea mata.

Agar mata anda lebih sehat dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya perhatikan beberapa panduan berikut dalam menjaga kondisi kesehatan mata anda.

1. Jangan terlalu diforsir

Bagi anda yang bekerja di depan komputer setiap hari sebaiknya usahakan untuk mengistirahatkan mata anda 30 menit sekali dengan cara mengalihkan pandangan ke sesuatu yang jauh atau dengan cara melihat tanaman hijau agar mata menjadi segar kembali.

2. Hindari tempat gelap

Membaca di ruangan dengan penerangan minimalis tentunya akan menambah buruk kondisi mata sehinga menjadi semakin melelahkan. Saat ruangan menjadi lebih gelap pupil mata anda akan membesar demi mencari sumber cahaya yang dibutuhkan oleh mata, dengan membaca di tempat gelap tentunya akan semakin memberatkan kinerja indera penglihatan anda.

3. Konsumsi makanan yang tepat

Mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak vitamin A tentu sangat baik bagi kesehatan mata. Wortel adalah salah satu makanan yang tepat untuk menjaga mata anda. Makanlah wortel yang dikukus atau jus wortel segar agar kinerja mata anda semakin baik.

4. Relakasasi

Jika mata sudah lelah, mungkin kini saatnya anda melakukan relaksasi dengan berjalan-jalan mencari pemandangan baru untuk sekedar cuci mata dan menyegarkannya kembali. Relaksasi juga dapat dilakukan dengan cara mengompres mata anda dengan masker atau handuk yang dibasuh dengan air hangat.

Menjaga kesehatan mata harus dilakukan sejak dini, dengan semakin berkembangnya teknologi tak heran jika banyak anak di usia dini yang mengalami masalah pada kondisi matanya karena terlalu banyak menghabiskan waktu dengan menonton, bermain game di tablet ditambah dengan asupan nutrisi yang kurang tepat. Karena itu bersyukurlah jika saat ini anda memiliki mata yang sehat dan rawatlah kesehatannya agar kinerja indera penglihatan anda semakin baik.

loading...
Loading...
kelopak mata atas terlipat, kelopak mata terlipat, 4 cara menjaga kesehatan mata, menghilangkan kelopak mata terlipat

4 Cara menjaga kesehatan mata | akbar | 4.5