Loading...

4 Cara Mengobati Luka, Agar Tidak Menimbulkan Bekas Luka

Cara Mengobati Luka agar Tidak Meninggalkan Bekas LukaWalaupun hanya luka kecil, namun tetap saja bisa menimbulkan bekas luka. Memiliki bekas luka tentu sangat menggangu, terlebih bila luka tersebut berada pada bagian tubuh yang terbuka. Karena itu itu, ketika anda mendapatkan luka maka harus ditangan dengan baik, apalagi membiarkan luka hingga sembuh dengan sendirinya.

Ada teknik atau cara untuk mengobatiluka agar luka tersebut tidak meimbulkan bekas luka.

1. Pakailah pelindung saat membersihkan luka
Sebelum melakukan kontak dengan luka, terlebih dahulu adan bersihkan tangan menggunakan sabun atau disinfektan dan gunakan sarung tangan lateks untuk mencegah penularan penyakit. Lalu, segera bersihkan luka dan hilangkan kotoran dengan hati-hati.

2. Tutupi luka dengan perban
Gunakan perban untuk menutupi luka. Agar dapat melindunginya dengan sempurna, maka perban harus menutup sekitar 1 centimeter melewati batas kulit yang terluka. Pastikan juga perban yang digunakan steril dan cukup lebar sehingga memungkinkan kulit tetap lembab. Jangan menggunakan perban yang kering karena bisa menempel pada luka. Berikan krim antibiotik di bagian dalam perban penutup (Jangan mengoleskannya langsung pada luka, karena itu bisa membuat tabung salep terkontaminasi). Gunakan plester untuk menutupi keempat sisi perban sehingga tidak lepas, tapi jangan terlalu longgar atau terlalu ketat.

3. Lindungi perban
Menggunakan perban saja tidak cukup. Namun anda juga harus melindungi perban dengan material anti-air seperti plester anti air atau plastik. Hal ini diperlukan jika terdapat risiko kemungkinan luka bisa terkena air.

4. Pastikan kenyamanannya
Cobalah rasakan apakah daerah luka yang sudah diperban tersebut terasa tidak sakit atau geli saat disentuh. Jika masih sakit, berarti ada yang salah ketika anda membungkusnya. Pastikan pula bahwa anda bisa menggerakkan tangan atau kaki dengan leluasa. Ganti perban setiap hari, dan periksa jika ada tanda-tanda infeksi.

loading...
Loading...
gambar kaki di perban, gambar tangan di perban, gambar luka ringan, gambar kaki diperban, gambar tangan luka, foto kaki diperban, gambar kaki terluka, gambar tangan terluka, cara melepas perban yang lengket, gambar luka kecil, cara membuka perban yang menempel pada luka, gambar luka di tangan, cara melepas perban yang menempel pada luka, cara melepas perban yg lengket, cara memakai perban di tangan, perban, perban luka, cara menutup luka

4 Cara Mengobati Luka, Agar Tidak Menimbulkan Bekas Luka | chsa | 4.5