Loading...

4 Cara Menghilangkan Rasa Panas di Tangan Karena Cabai

Cabai merupakan salah satu bumbu khas yang hampir selalu ada dalam setiap masakan (sayur) Indonesia. Inilah kenapa banyak ibu-ibu rumah tangga yang histeris akibat harga cabai melonjak tinggi akibat BBM naik, apalagi sekarang ini bulan puasa, sebentar lagi lebaran.

Mengolah cabai berlebihan tentunya bisa membuat tangan Anda menjadi panas. Berbagai cara pun sudah dilakukan untuk menghilangkan hawa panas yang menempel di tangan akibat cabai.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menghilangkan panas yang timbul akibat tangan banyak bersentuhan dengan cabai, berikut ini di antaranya:

1. Cuci tangan terlebih dahulu
Setelah selesai memotong atau mengolah cabai, segeralah cuci tangan Anda dengan memakai bahan pembersih, seperti sabun. Usahakan menggunakan air hangat untuk membilasnya. Jika perlu, gosok saja tangan Anda dengan spons.

2. Alkohol
Namun jika ternyata tidak mempan juga, Anda bisa coba memakai spiritus dengan kandungan alkohol sebesar 85 persen. Kadar alkohol yang tinggi dinilai mampu mengusir hawa panas yang menempel di tangan akibat cabai.

3. Saus tomat
Jika Anda tidak menemukan spritus atau alkohol di rumah, maka Anda bisa menggunakan saus tomat. Rendamlah tangan Anda di dalam saus tomat selama 15 menit, kemudian cuci tangan hingga bersih dengan memakai air yang bersih.

4. Susu cair atau yoghurt
Susu cair atau yoghurt juga bisa Anda coba untuk menghilangkan rasa panas akibat cabai. Kenapa? Karena kedua bahan ini akan menetralkan rasa asam dari cabai.

loading...
Loading...
4 Cara Menghilangkan Rasa Panas di Tangan Karena Cabai | lawas | 4.5