Loading...

4 Cara mengatasi stres

Stres atau beban pikiran memang menjadi momok bagi semua orang, khususnya masyarakat perkotaan. Beragam persoalan seperti studi, karir, bisnis maupun relationship bersama pasangan atau keluarga bisa menjadi faktor utama pemicu stres. Namun, seberat apapun masalah jangan sampai membuat kita menjadi stres berkepanjangan. Karena jika tidak dikelola dengan baik, stres akan menjadi awal mula munculnya berbagai jenis penyakit.

Jika anda sedang mengalami stres dan ingin menghilangkan beban di pikiran tersebut, cobalah beberapa tips berikut yang bisa membantu anda dalam mengelola stres.

Tenangkan pikiran

Saat stres melanda, cobalah untuk menenangkan pikiran agar lebih rileks. Jangan langsung merespon sebuah masalah dengan emosional. Cobalah untuk cooling down sejenak agar anda tenang dan dapat berpikir jernih sehingga anda akan menemukan solusi atau jalan keluar dari permasalahan yang sedang dihadapi.

Cari solusi

Jangan memikirkan masalah terus menerus karena cara terbaik untuk menyelesaikannya adalah dengan mencari solusi yang tepat bagi permasalahan tersebut. Karena itu saat masalah datang, segera cari solusinya. Jangan mencari sumber permasalahannya terlebih dahulu, hal itu bisa menjadi prioritas kedua agar anda terhindar dari masalah yang sama.

Jangan lari

Yang dimaksud ialah lari dari masalah karena banyak orang salah merespon setiap masalah dan problema yang datang. Banyak makan atau lari ke dunia malam hanya akan membuat rasa stres hilang dalam sesaat, namun patut diingat bahwa masalah tersebut tetap ada dan anda juga akan semakin terbebani. Cobalah untuk tidak lari dari masalah dan menghadapinya secara gentle.

Jangan dibawa tidur

Stres yang dibawa tidur biasanya akan membuat tidur menjadi tidak nyenyak dan memperburuk kualitas tidur kita. Tentu rasa kantuk disertai beban pikiran akan mengganggu kinerja serta aktifitas di keesokkan harinya. Agar stres berkurang, cobalah untuk tidak membawanya tidur. Kosongkan pikiran dari setiap masalah dan beban yang membuat anda stres sebelum anda menutup mata dan tertidur pulas.

Itulah keempat tips yang bisa anda coba untuk mengurangi stres. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
4 Cara mengatasi stres | akbar | 4.5