Loading...

4 Cara Mencegah Kerusakan Gigi

Jika dipandangan dari sudut pandang kesehatan gigi, ternyata ada beberapa makanan sehat yang ternyata berbahaya bagi kesehatan gigi kita. Sebagai contoh ternyata mengonsumsi apel tidak lebih sehat daripada mengonsumsi permen karet lho.

Berikut daftar makanan sehat yang bisa merusak gigi, selain makanan ada juga beberapa tindakan yang bisa menjadi perusak gigi. Mari kita bahas satu per satu.

1. Perhatikan Cara Mengonsumsi Apel

Beberapa apel memiliki kadar gula yang tinggi sebanding dengan empat sendok teh gula jika dihitung-hitung yang dapat meningkatkan keasaman mulut. Namun, apel juga mengandung kalsium yang mampu menetralisir asam dan membantu jaringan tulang tidak lupa itu termasuk gigi.

Jadi masalahnya sekarang terletak dimana? Masalahnya bukan terletak pada apel yang kita makan tetapi bagaimana kita memakan apel tersebut. Ketika kita menguyah apel dengan perlahan, hal tersebut dapat membuat asam tinggi yang terkandung dalam apel memiliki banyak waktu untuk merusak gigi.

Intinya, makan apel tidak menjadi masalah yang penting tidak perlu sering dan perhatikan cara memakannya.

2. Minuman yang Dapat Merusak Gigi

Beberapa jenis minuman seperti bir, jus buah dan anggur dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi. Utamanya ketika jus buah yang Anda konsumsi mengandung banyak gula. Jus memang adalah minuman yang paling sehat tapi kita pastikan kita memilih buah yang segar dan tidak menambahkan gula.

Selain minuman tersebut, ternyata minuman berenergi dapat menyebabkan gigi rusak. Minuman berenergi tidak hanya mengandung gula yang tinggi tetapi juga tingkat keasaman yang tinggi, coba bayangkan! Bayangkan gigi kita dimandikan dengan cairan asam dan gula yang tinggi, maka gigi kita menjadi rentan dan sensitif kemudian lubang bisa tercipta dan menjadi busuk.

3. Jangan Menggosok Gigi Tepat Setelah Makan

Ada beberapa orang yang memilih untuk makan terlebih dahulu sebelum mandi khususnya bagi mereka yang akan beraktivitas di pagi hari. Alasannya supaya gigi tidak kotor. Tapi ternyata menggosok gigi tepat setelah selesai makan dapat membahayakan kesehatan gigi. Glazur gigi kita dilembutkan dengan asam ketika kita makan, oleh karena itu jangan lagi menambah kerentanan gigi dengan menggosoknya tepat setelah selesai makan.

4. Permen Karet Apakah Bisa Merusak Gigi?

Apakah permen karet menyebabkan kerusakan pada gigi? Ini masih menjadi kontroversi. Ada dokter yang menganjurkan untuk mengunyah permen karet dan ada juga yang tegas tidak menyarankan. Nah, sebenarnya permen karet aman dikunyah apabila tidak mengandung gula dan jangan yang berasa buah karena mengandung asam.

Intinya untuk mengurangi risiko kerusakan gigi adalah dengan memerhatikan apa saja makanan dan minuman kita. Selain itu kita bisa memerhatikan perilaku kita bagaimana. Ya, kita masih bisa mengonsumsi permen karet, minuman berenergi dan yang mengandung asam, asal tidak sering dan perhatikan setelah kita mengonsumsi zat-zat seperti itu – kita sebaiknya jangan langsung menggosok gigi agar tidak bertambah parah.

loading...
Loading...
cara membuat gigi kelinci

4 Cara Mencegah Kerusakan Gigi | akbar | 4.5