Loading...

4 Cara Alami Meningkatkan Produksi ASI

Cara Alami Meningkatkan Produksi ASI Ibu MenyusuiASI (Air Susu Ibu) merupakan makana terbaik untuk bayi. Namun, karena alasan kurangnya produksi ASI membuat banyak ibu memberikan makanan tambahan ataupun susu formula walau usia bayi masih dibawah 6 bulan.

Bagi anda, ibu menyusui yang ingin meningkatkan produksi ASI-nya, anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini untuk meningkatkan produksi ASI.

1. Pijat payudara dengan kain hangat
Salah satu penyebab kurangnya produksi susu adalah karena sirkulasi darah kurang lancar. Karena itu, untuk mengatasinya anda bisa coba mengompres payudara anda dengan air hangat sebelum menyusui anak.

Caranya, mulailah dengan memijat payudara anda selama sekira lima menit sebelum mulai menyusui. Kemudian, celupkan kain dalam air hangat dan pijat payudara anda lagi dengan lembut. Lakukan selama sekira 10 menit, setelah itu anda bisa menyusui anak.

2. Mengonsumsi makanan sehat
Melakukan diet setelah masa kehamilan bisa menyebabkan berkurangnya produksi ASI secara drastis. Karena itu, untuk menjaga pasokan ASI, pastikan bahwa anda cukup makan dan minum banyak air putih. Selain itu, anda juga tidak boleh mengonsumsi makanan sembarangan karena bisa menurunkan produksi ASI. Yang terakhir, upayakan agar secara rutin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar karena kedua bahan tersbeut akan membantu meningkatkan produksi ASI anda.

3. Ramuan biji adas (saunf)
Biji adas juga bisa membantu meningkatkan produksi ASI. Untuk mendapatkan manfaat berupa meningkatkan produksi ASI, yang perlu anda lakukan adalah cukup dengan menambahkan satu sendok biji adas ke dalam secangkir air, biarkan selama 30 menit. Jika sudah, saring airnya dan minum dua kali sehari selama satu bulan. Selain itu, anda juga bisa menambahkan biji adas ke dalam menu makanan harian anda untuk membantu meningkatkan produksi ASI.

4. Parutan bawang putih
Untuk merangsang produksi ASI pada ibu menyusui juga bisa dengan menggunakan bawang putih. Untuk mendapatkan manfaat dari bawang putih ini, parutlah satu siung bawang putih dan rebus dalam segelas air sampai teksturnya berubah jadi kental atau menyatu. Langkah selanjutnya, tambahkan secangkir susu ke dalam campuran tersebut dan rebuslah. Yang terakhir, saring ke dalam satu gelas baru dan tambahkan setengah sedok madu. Anda bisa meminum ramuan ini setiap pagi selama anda masih dalam masa menyusui.

loading...
Loading...
4 Cara Alami Meningkatkan Produksi ASI | chsa | 4.5