Loading...

Harus Dihindari! Ini 4 Bahaya Tidur Lagi Setelah Makan Sahur

Sembari menunggu waktu shalat subuh tiba, banyak orang memilih tidur lagi setelah makan sahur. Padahal tidur setelah makan sahur ini sangat tidak dianjurkan dan bahkan masuk dalam kategori dilarang karena bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Salah satu efek buruk langsung tidur setelah makan sahur adalah munculnya rasa panas di dada dan tenggorokan serasa kering di pagi harinya.

Selain rasa panas di dada atau yang biasa dikenal dengan istilah heartburn, tidur lagi setelah sahur juga dapat menimbulkan masalah kesehatan lainnya misalnya:

1. Perut buncit
Perut akan jadi buncit karena saat tidur tubuh jadi hemat energi dan secara otomatis lemak akan mudah tertimbun di perut kita, demikian menurut Pramono, ahli gizi dari Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin seperti yang dikutip dari Tribunnews.com.

2. Mencret dan sembelit
Normalnya isi lambung akan kosong kembali sekitar dua jam setelah kita makan, tapi kalau posisi tubuh kita berada pada posisi baring, maka proses pengosongan lambung akan menjadi terhambat. Hal ini akan mengakibatkan timbulnya gangguan pencernaan seperti sembelit atau mencret tergantung dari bahan makanan yang kita makan.

3. Terjadi refluks
Bahaya tidur setelah makan sahur lainnya adalah terjadinya refluks, karena makanan belum dicerna maka bisa berbalik dari lambung ke kerongkongan (atau biasa disebut refluks) karena pengaruh gravitasi akibat kita tidur.

Jika terjadi refluks maka asam lambung akan naik dan melukai kerongkongan. Karena mengalami luka, kerongkongan akan terasa panas seperti terbakar, dan mulut pun terasa pahit.

4. Stroke
Langsung tidur setelah makan sahur juga meningkatkan resiko terkena stroke. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur mempunyai risiko terendah untuk mengalami stroke.

Tidur lagi setelah sahur memang sangat tidak dianjurkan, namun bukan berarti anda tidak boleh melakukannya sama sekali. Namun memang tidak dianjurkan untuk langsung tidur setelah sahur, tetapi sebaiknya tunggu dulu jeda waktu antara selesai makan sahur dan waktu kembali tidur. Setidaknya anda boleh tidur lagi minimal setelah 2 jam. Ini perlu dilakukan agar pencernaan bisa bekerja secara maksimal. Karena normalnya isi lambung akan kembali kosong setelah makan sekitar dua jam.

loading...
Loading...
posisi tidur setelah minum gastrul, Cara agar tidak kencinv terus setelah sahur, mengembalikan stamina sesudah onani, posisi tidur setelah minum gastrol

Harus Dihindari! Ini 4 Bahaya Tidur Lagi Setelah Makan Sahur | lawas | 4.5