Loading...

4 Bahan alami untuk mengatasi konstipasi

Konstipasi atau buang air besar yang tak lancar adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Ketika mengalami masalah pencernaan seperti susah buang air besar, biasanya mengonsumsi air, buah pepaya, atau minum obat pencahar menjadi pilihan. Namun ada beberapa makanan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi konstipasi dan melancarkan buang air besar.

Apa saja makanan tersebut? Berikut daftarnya.

1. Madu
Madu, terutama yang masih mentah dan tidak diproses, mengandung nutrisi seperti enzim dan mineral yang baik untuk sistem pencernaan. Untuk mengatasi konstipasi, campur madu dengan air hangat kemudian minum 30 menit sebelum makan. Agar hasilnya lebih maksimal, konsumsilah tiga kali sehari.

2. Cokelat hitam
Cokelat hitam seringkali disebut sebagai salah satu jenis cokelat yang mengandung banyak antioksidan yang baik untuk kesehatan, salah satunya untuk mengatasi konstipasi. Namun bukan karena adanya antioksidan di dalamnya, melainkan karena cokelat hitam juga kaya magnesium yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan.

3. Blackstrap Molases
Blackstrap molases adalah sejenis pemanis yang berasal dari pengkristalan gula yang terbuat dari tetes tebu dan biasanya berwarna agak kehitaman. Black molases mengandung banyak mineral seperti zat besi, tembaga, dan mangan. Tak hanya itu, molases juga dapat membantu melancarkan buang air besar dan mengatasi konstipasi. Caranya, tambahkan dua sendok teh molases dalam segelas air hangat. Aduk hingga merata, kemudian minum sampai habis.

4. Xylitol
Bahan yang satu ini memang identik untuk membantu kesehatan gusi dan gigi serta penurunan berat badan. Namun sebenarnya xylitol juga dapat membantu membersihkan usus jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak serta mampu mengatasi konstipasi dan susah buang air besar.

loading...
Loading...
4 Bahan alami untuk mengatasi konstipasi | akbar | 4.5