Loading...

4 Bahan alami untuk mengatasi amandel

Salah satu organ tubuh yang terletak di bagian belakang mulut atau di sekitar tenggorokan adalah amandel. Organ ini pun berfungsi untuk memerangi infeksi di dalam tubuh. Namun, amandel juga bisa ikut terinfeksi dan menyebabkan masalah bagi tubuh, seperti bengkak dan muncul lapisan putih di sepanjang permukaan leher dan tenggorokan.

Bila hal ini terjadi, sebelum mengonsumsi obat-obatan untuk mengobatinya cobalah atasi dengan 4 bahan alami berikut ini.

1. Air jeruk nipis
Obat alami yang paling efektif untuk mengatasi radang amandel adalah air jeruk nipis. Mengonsumsinya secara rutin juga dapat mengurangi rasa sakit di sekitar tenggorokan. Campurkan air hangat dengan jeruk nipis, garam dan madu lalu diminum secara perlahan. Minumlah secara rutin sampai rasa sakit mereda.

2. Kunyit asam
Radang amandel juga dapat disembuhkan dengan air kunyit asam. Kandungan alami dari kunyit memiliki sifat anti bakteri sehingga efektif untuk membunuh bakteri penyebab infeksi. Konsumsilah air rebusan kunyit asam minimal 3 hari sekali secara rutin.

3. Jus sayuran
Jika anda mengalami sakit di bagian amandel, salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengonsumsi jus yang terbuat dari sayuran. Wortel, ubi bit dan mentimun akan menjadi komposisi yang pas dan bermanfaat untuk melawan infeksi penyebab radang amandel serta mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Teh chamomile
Jenis teh yang satu ini merupakan bahan alami yang baik untuk melawan sakit tenggorokan akibat radang amandel. Caranya, campurkan teh chamomile dengan madu dan lemon lalu dikonsumsi secara rutin setiap hari. Selain bermanfaat untuk menyembuhkan radang amandel, teh chamomile juga dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri di tenggorokan.

loading...
Loading...
4 Bahan alami untuk mengatasi amandel | akbar | 4.5