Loading...

4 Alasan mengapa tubuh cepat merasa lelah

Kesibukan dan aktifitas sehari-hari memang membuat banyak orang cepat merasa lelah. Meski sudah makan dan istirahat cukup, namun hal itu tidak cukup untuk mengatasi kelelahan. Selain beban tubuh yang menumpuk, kelelahan juga bisa disebabkan oleh tekanan psikis dan juga bisa menjadi gejala suatu penyakit.

Berikut ini adalah empat penyebab paling umum mengapa tubuh cepat merasakan kelelahan.

1. Kurang cairan
Dehidrasi atau kurang cairan akan berakibat pada terhambatnya seluruh kerja organ dalam tubuh sehingga menyebabkan lemas dan kelelahan. Karena itu, cukupkanlah asupan cairan dengan mengonsumsi delapan gelas air per hari serta buah dan sayuran yang tinggi kandungan serat dan air. Serat berfungsi mengikat cairan sehingga asupan air bertahan lebih lama dalam tubuh.

2. Depresi
Kelelahan bisa menjadi salah satu tanda dari depresi, jika dibiarkan rasa depresi akan berujung pada stres dan penyakit-penyakit serius. Untuk mengatasinya, sempatkanlah waktu untuk berlibur, olahraga, meditasi, spa dan aromatherapy. Dengan pikiran yang rileks dan tenang, rasa deperesi akan hilang sehingga tubuh tak merasa kelelahan lagi.

3. Kurang vitamin B12
Vitamin ini berfungsi mengalirkan oksigen di dalam darah. Kadar vitamin B12 yang rendah akan membuat tubuh lemas yang menjurus pada perut mulas, kesemutan di tangan dan kaki, kurangnya keseimbangan dan menurunnya daya ingat. Agar tidak kekurangan vitamin B12, konsumsi saja susu, telur, daging, ikan dan kedelai.

4. Diabetes
Penderita diabetes umumnya sering mengalami kelelahan. Kadar gula yang tinggi membuat glukosa terbuang lewat urin sehingga tubuh kekurangan energi. Selain itu, aktifitas tidur juga menjadi terganggu. Periksalah kadar gula secara berkala, menjaga asupan makanan, rutin berolahraga dan jalani pola diet yang tepat.

loading...
Loading...
4 Alasan mengapa tubuh cepat merasa lelah | akbar | 4.5