Loading...

4 Alasan kenapa sarapan pagi itu penting

Ketika menjalani aktifitas padat setap hari, mungkin masih banyak diantara kita yang mengawali aktfitasnya dengan keadaan perut kosong karena tidak makan di padi hari. banyak alasan yang dikemukakan orang kenapa tidak saran di pagi hari, ada yang mengatakan tidak memiliki waktu yang cukup karena terlalu sibuk dan padat, ada juga yang mengangap bahwa sarapan pagi hanya akan menambah berat badan atau menjadikannya gemuk.

Persepsi orang banyak yang keliru dan salah, makan di pagi hari sebenarnya memiliki segudang manfaat yang tidak mereka ketahui. Berikut ini penjelasan mengenai alasan mengapa sarapan pagi itu penting bagi tubuh dan kesehatan :

1. Dapat Memenuhi Nutrisi Yang Dibutuhkan Tubuh

Dengan makan dipagi hari makan tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkannya, Macam-maca jenis dan menu sarapan seperti susu, sereal, yogurt dan lain sebagainya memiliki kandungan kalsium dan serat yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Jadi, agar tubuh anda mendapatkan asupan nutrisi setiap harinya maka sebaiknya anda sarapan dipagi hari.

2. Mampu Meningkatkan Kemampuan Otak

Ketika kita bangun di pagi hari, maka tubuh banyak kehilangan kadar glukosa dan energi lain karena aktifitas yang kita lakukan di hari sebelumnya. Glukosa itu sendiri ternyata adalah satu-satunya bahan bakar yang dibutuhkan oleh otak, karena tanpa adanya kadar glukosa pada otak maka anda akan merasa lelah dan pandangan menjadi berkunang-kunang. Sebaiknya sarapanlah di pagi hari secara teratur untuk meningkatkan kemampuan otak anda.

3. Mampu Menurunkan Berat Badan

Pada saat anda mengawali hari anda dengan keadaan perut kosong, maka itu menjadikan kinerja tubuh melambat ketika membakar kalori. Sarapan pagi ketika anda dalam keadaan perut kosong dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh yang dapat mempercepat dan menjadikan pembakaran kalori akan lebih efisien.

4. Mengatasi Serangan Jantung

Seorang yang tidak pernah makan atau sarapan di pagi hari selama dua pekan, maka dapat dipastikan orang tersebut memiliki kadar kolesterol buruk dibanding mereka yang rutin makan di pagi hari. Serat yang dibutuhkan tubuh dapat mengikat kolesterol, dan sebuah penelitian membuktikan bahwa serat tinggi dapat menurunkan sebanyak 50% resiko terkena serangan jantung.

Tapi kunci dari sarapan yang memang bermanfaat bagi tubuh tergantung dari jenis makanan yang kita santap, makanan yang mengandung karbohidrat rendah dapat meningkatkan glukosa pada tubuh dan kemudian akan menurun secara drastis, dan hal itu yang menyebabkan anda akan merasa lapar kembali pada jam 11-an. Sebaiknya untuk mendapatkan hasil dan manfaat sarapan yang baik, anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti oetmal, roti gandung asli atau murni, karena makanan-makanan itu memiliki kadar serat tinggi dan gula rendah yang akan dicerna sedikit lebih lama dan mampu menyediakan energi yang konstan dan tentu akan membuat kita kenyang lebih lama.

loading...
Loading...
4 Alasan kenapa sarapan pagi itu penting | akbar | 4.5