Loading...

3 Tips untuk mencegah usus buntu

Usus buntu adalah salah satu penyakit yang menyerang organ dalam di bagian kanan perut. Hal ini bisa disebabkan menumpuknya kotoran serta saluran pencernaan yang tidak lancar dan menumpuk di usus buntu. Gejala penyakit ini bisa berupa sakit di bagian kanan perut, mual serta sulit untuk BAB bahkan kentut sekalipun. Selain itu, akan terjadi pembengkakan di perut yang terasa amat sakit jika ditekan. Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan melakuan operasi kecil untuk mengeluarkan usus buntu yang meradang tersebut.

Padahal, usus buntu sebenarnya bisa dicegah sehingga kita tak perlu buang-buang uang untuk melakukan operasi. Bagaimana cara menghindari usus buntu? Simak ulasannya.

1. Konsumsi makanan berserat
Cara paling ampuh untuk mencegah usus buntu adalah dengan mengonsumsi makanan berserat. Hal ini disebabkan usus buntu terjadi karena penyumbatan dan penumpukan kotoran di bagian tersebut sehingga proses BAB menjadi sulit. Tentunya dengan mengonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran setiap hari dapat membantu melancarkan BAB dan mencegah penumpukan feses.

2. Perbanyak minum air putih
Konsumsi air putih dengan jumlah yang cukup juga baik untuk mencegah usus buntu. Selain menjaga kesehatan dan mencegah terjadinya sembelit, air putih dapat membantu menghindari terjadinya penumpukan kotoran di usus buntu serta dapat melancarkan pencernaan.

3. Jangan tunda BAB
Banyak orang menunda pup atau BAB karena banyak faktor, misalnya tidak ada fasilitas toilet dengan sanitasi yang baik atau sedang berada di perjalanan. Bila dimungkinkan, sebaiknya jangan terlalu sering menunda atau menahan BAB. Jika sering dilakukan, lama kelamaan feses di perut akan menumpuk sehingga dapat menyebabkan usus buntu yang meradang dan membengkak.

Itulah beberapa tips cara mencegah usus buntu yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

loading...
Loading...
3 Tips untuk mencegah usus buntu | akbar | 4.5