Loading...

3 Tips pemasaran di media sosial

Banyaknya platform media sosial baru yang muncul tak hanya mengubah cara bersosialisasi antar teman atau kerabat saja, tetapi juga antara penjual dan calon konsumennya. Banyak perusaahaan-perusahaan besar kini memiliki tim khusus di bidang pemasaran media sosial.

Selain Facebook, media sosial lain seperti Twitter, Instagram atau Snapchat kini semakin banyak digunakan oleh para pelaku usaha untuk memasarkan produknya. Meskipun usaha kita masih berskala kecil atau menengah dan masih konvensional, tak ada salahnya untuk masuk ke dunia online untuk melakukan promosi dan pemasaran lewat media sosial. Berikut tipsnya.

1. Buat anggaran dan startegi khusus
Setidaknya anda membutuhkan perangkat seperti smartphone atau komputer tablet untuk melakukan pemasaran di dunia maya. Jangan lupa biaya pulsa untuk mendukung konektivitas internet. Jika sudah memiliki kedua hal tersebut, maka tak sulit untuk berpromosi.

Selain itu diperlukan startegi khusus dalam memasarkan produk. Misalnya anda menjual perlengkapan mendaki gunung, cobalah untuk memasarkannya di komunitas pecinta alam yang dapat anda temukan di dunia maya.

2. Perhatikan kepuasan pelanggan
Konsumen tak suka menunggu. Jangan biarkan mereka menunggu terlalu lama hanya untuk bertanya seputar produk atau bagaimana cara membelinya. Pastikan setidaknya anda merespon pelanggan dalam kurun waktu maksimal 60 menit. Jika anda fast response dan memberikan jawaban memuaskan, maka itu akan menjadi salah satu nilai lebih produk dan usaha anda di mata konsumen.

3. Pilih media yang tepat
Menggunakan banyak media sosial untuk berpromosi sebenarnya sah-sah saja, namun alangkah baiknya jika kita perhatkan media sosial mana yang paling efektif dan sering diakses olah para calon konsumen.

Anda bisa memperhatikan dari jumlah komentar, mention dan seberapa besar dan efektif jumlah interaksi di media sosial tersebut. Dengan begitu anda bisa fokus pada beberapa media sosial saja daripada menghabiskan waktu mengurus banyak socmed.

loading...
Loading...
3 Tips pemasaran di media sosial | akbar | 4.5