Loading...

3 Tips menjaga performa mesin kendaraan

Kendaraan yang biasa kita gunakan baik itu yang beroda dua atau beroda empat tentu dibutuhkan perawatan khusus agar performa mesin tetap terjaga. Dengan kendaraan bermesin prima, aktivitaspun tidak akan terganggu baik saat kita berangkat dan pulang kerja atau saat kita harus menghabiskan waktu di luar sebagai pekerja lapangan.

Untuk menjaga performa mesin kendaraan anda, sebaiknya perhatikan beragam tips berikut.

1. Panaskan mesin

Ada baiknya sebelum motor atau mobil digunakan mesinnya dipanaskan terlebih dahulu sekitar 10-20 menit. Hal ini untuk menghindari mesin yang masih belum panas dan sudah harus dipaksa untuk bekerja ekstra. Jika mesin kendaraan tidak dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan dalam jangka waktu yang lama, tentu akan membuat mesin cepat panas dan performa mesin menjadi menurun. Hal ini juga berlaku meskipun anda tidak sedang menggunakan kendaraan. Jangan sampai mesinnya menjadi dingin dan susah dihidupkan saat ingin menggunakannya.

2. Jangan diforsir

Menggunakan kendaraan yang jarang dipakai untuk digunakan dalam waktu lama dan berjam-jam tentu bukan pilihan yang bijak. Selain membuat mesin terkejut, konsumsi bahan bakar juga akan menjadi cepat boros saat menggunakannya kembali. Karena itu tingkatkanlah kemampuan mesin anda dalam berkendara secara perlahan-lahan. Mulailah dengan menggunakannya dalam waktu sekitar 1-2 jam saja kemudian ditingkatkan lagi jika anda ingin lebih sering menggunakannya.

3. Ganti oli

Mengganti oli secara berkala tentu sangat baik untuk menjaga performa mesin. Kendaraan membutuhkan pelumas yang akan membuat mesin tetap awet dan bandel. Gantilah oli 1-3 bulan sekali yang bisa disesuaikan dengan pemakaian. Mengganti oli sesering mungkin juga sangat dianjurkan agar performa mesin kendaraan anda tetap terjaga.

Kendaraan memang membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Meskipun terkadang harus merogoh kocek yang dalam, namun hal itu sebanding dengan performa mesin yang tetap awet dan bandel sehingga mudah untuk digunakan. Beragam aktivitas seperti pergi bekerja, berstudi atau sekedar jalan-jalanpun bisa kita lakukan jika memiliki kendaraan yang tidak rewel dan mudah dibawa kemana-mana.

loading...
Loading...
cara memperbaiki mesin cukur rambut

3 Tips menjaga performa mesin kendaraan | akbar | 4.5