Loading...

3 Tips memberikan jam malam pada buah hati

Maraknya kasus kenakalan remaja atau ABG (Anak Baru Gede) yangt terjadi di kota-kota besar membuat pemerintah provinsi daerah tersebut ingin membuat aturan jam malam demi meminimalisir tingkat kriminalitas yang mungkin bisa ditimbulkan oleh para remaja yang terlalu bebas berkeliaran di malam hari. Sebaiknya aturan jam malam sudah harus diajarkan semenjak anak masih kecil. Dengan memberikannya pengertian dengan sebaik-baiknya sampai anak siap dan bertanggung jawab pada jam malamnya sendiri tentu akan berefek positif pada kehidupan dan pergaulannya kelak.

Mengatur jam malam anakpun bisa disesuaikan dengan usianya, misalnya seperti contoh berikut ini:

1. Usia 6-12 tahun

Di usia ini biasanya anak masih duduk di bangku sekolah dasar. Rentang waktu antara jam 3 sampai jam 6 sore dapat menjadi jam bermain bersama teman-temannya, namun sebelum matahari terbit ia sudah harus berada di dalam rumah untuk belajar atau mengerjakan pekerjaan rumah. Sebaiknya ajarkan anak anda untuk tidak bermain terlalu jauh dari rumah dan pulang tidak terlalu larut.

2. Usia 12-15 tahun

Di usia ini anak mulai mengalami pubertas, remaja laki-laki mulai mengalami mimpi basah dan remaja perempuan akan mengalami siklus menstruasi untuk pertama kalinya. Di usia ini pula bibit-bibit kenakalan remaja mulai tumbuh akibat pergaulan yang salah. Berikanlah edukasi yang tepat agar anak anda bukan menjauhi teman-temannya yang nakal. Mereka boleh berteman asal ia tidak ikut-ikutan. Selain itu rentang waktu jam 8-9 malam bisa menjadi waktu terakhir ia bebas berkeliaran di luar.

3. Usia 15-18 tahun

Anak yang mulai tumbuh dari tahap remaja menuju dewasa tentu akan memiliki pola pikir yang lebih matang dan dewasa. Ajaklah ia untuk berdiskusi atau bertukar pikiran dan berikan ia arahan tanpa bermaksud menggurui. Di usia ini anda bisa mulai memberikannya tanggung jawab agar pulang tidak terlalu larut malam. Namun jam 9 sampai jam 10 malam tetaplah waktu ideal agar ia kembali ke rumah.

Mengatur jam malam untuk anak memang susah-susah gampang, dibutuhkan edukasi serta kecerdasan emosi yang tepat agar ia mengerti dan mau menerima aturan yang anda sepakati berdua tersebut. Namun jangan lupa untuk memberitahunya efek positif jika mengikuti aturan tersebut seperti terbebas dari kehidupan malam atau akibat buruk dari pergaulan bebas.

loading...
Loading...
3 Tips memberikan jam malam pada buah hati | akbar | 4.5