Loading...

3 Tips cara merawat motor injeksi

Belakangan ini sepeda motor dengan teknologi mesin injeksi atau Fuel Injection(FI) semakin diminati oleh masyarakat. Selain dapat mengirit bahan bakar, motor injeksi juga sangat mudah perawatannya dibandingkan motor karbu. Namun sebaiknya anda harus mengetahui seluk beluk motor injeksi terlebih dahulu agar bisa melakukan perawatan yang tepat.

Bagi anda yang ingin merawat kuda besi bermesin injeksinya, simaklah ulasann berkut.

1. Service rutin

Lain halnya dengan motor bermesin karburator yang presisi mesinnya harus dicek dan dibersihkan agar mesin tetap awet. Motor injeski hanya memerlukan seperangkat tools dan diagnostic untuk mengecek kondisi mesin motor. Selain itu untuk menservisnya tidak harus membongkar body motor, cukup membuka bagian jok tempat bawah mesin berada dan memasang alat pengeceknya tersebut. Servislah secara rutin sesuai pemakaian antara 1-3 bulan sekali.

2. Ganti oli

Mengganti oli mesin 3 bulan sekali dan oli gear 6 bulan sekali sudah menjadi suatu keharusan dalam menjaga performa motor. Agar mesin tetap bandel dan awet gantilah oli motor anda secara berkala karena oli yang tidak diganti akan menggangu kestabilan performa motor, apalagi jika bermesin injeksi yang bila mesinnya rusak tentu membutuhkan biaya tidak sedikit untuk memperbaikinya.

3. Bensin beroktan tinggi

Agar mesin motor injeksi anda tetap awet, gunakanlah bahan bakar beroktan tinggi (diatas 90) sebagai sumber tenaga motor injeksi anda. Memakai bensin beroktan rendah terlebih lagi bensin eceran di pinggir jalan sangat tidak cocok dan berbahaya untuk mesin motor anda karena bila dipakai dalam jangka waktu lama akan merusak injektor dan membuat performa mesin menurun. Mesin injektor juga sangat mahal harganya, karena itu rawatlah motor anda dengan menggunakan bensin beroktan tinggi.

Merawat motor injeksi memang tidak terlalu berbeda dengan seperti merawat motor karbu. Servis rutin dan bahan bakar yang tepat merupakan kunci dari perawatan motor injeksi. Dengan tunggangan berperforma tinggi tentu akan memudahkan kita dalam beraktivitas diluar rumah dan harus menggunakan kendaraan beroda dua. Rawatlah sepedea motor injeksi anda dengan baik agar mesinnya tetap awet dan bandel.

loading...
Loading...
cara merawat motor injeksi, perawatan motor injeksi, cara merawat motor r15, perawatan yamaha r15

3 Tips cara merawat motor injeksi | akbar | 4.5