Loading...

3 Tips cara mengatasi kecanduan sosial media

Mudahnya akses komunikasi saat ini membuat semua orang menghabiskan waktunya untuk bersosialisasi di dunia maya. Sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path dan sebagainya menjadi jejaring sosial yang populer digunakan oleh masyarakat. Bahkan, soial media juga bisa diakses lewat beragam gadget mulai dari desktop, laptop, tablet hingga smartphone. Jika tidak dibatasi, banyak orang kecanduan sosial media sehingga melupakan kehidupan sosialnya di dunia nyata.

Agar kehidupan dan pekerjaan anda tidak berantakan hanya karena terlalu asyik bersosial media, cobalah beberapa tips di bawah ini untuk mengatasi kecanduan tersebut.

1. Hapus aplikasi dari smartphone
80 persen pengguna sosial media mengakses akun jejaring sosialnya lewat smartphone. Hal ini karena ponsel pintar lebih mudah dibawa kemana saja dan semakin canggih. Untuk meminimalisir keinginan bersosial media, hapus saja aplikasi-aplikasi socmed tersebut sehingga perhatian anda tidak akan terfokus pada media sosial saja.

2. Batasi waktu bersosial media
Jangan terlalu sering update status, ngetweet atau upload foto di socmed. Sekedar melihat timeline teman-teman anda memang tidak masalah. Namun, batasi waktu untuk mengakses sosial media. Misalnya jika dulu anda selalu online 24 jam di jejaring sosial, kini batasi waktu pada siang atau malam saja. Kurangilah waktunya sedikit demi sedikit sampai anda tidak merasa dituntut lagi untuk mengakses media sosial.

3. Matikan koneksi internet
Jika kecanduan anda pada media sosial sudah terlampau akut, cara paling ampuh adalah dengan mematikan sumbernya, yaitu koneksi internet pada semua gadget, sehingga anda tidak akan punya akses untuk bersosialisasi di dunia maya. Meski awalnya terasa berat, lama-lama anda akan terbiasa sehingga anda tidak akan peduli lagi pada akun-akun media sosial yang anda punya.

loading...
Loading...
3 Tips cara mengatasi kecanduan sosial media | akbar | 4.5