Loading...

3 Ramuan Obat Herbal untuk Sakit Gigi

Sakit gigi biasanya disebabkan oleh karena kurangnya perawatan terhadap kesehatan gigi sehingga menyebabkan gigi rusak atau berlubang. Penyebab sakit gigi bisa saja karena tidak menggosok gigi sesuai aturan yang dianjurkan oleh dokter gigi, misalnya menggosok gigi kurang dari dua kali sehari.

Untuk cara mengobati sakit gigi, selain dengan menggunakan obat medis, bisa juga dilakukan dengan cara alami dengan metode obat herbal seperti menggunakan cabai rawit, cengkeh atau bisa juga dengan jahe. Semua bahan tersebut sangat mudah didapatkan di sekitar kita.

1. Cabai Rawit

Cabai rawit bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman karena sakit gigi. Zat panas pada cabai rawit yang dikenal sebagai zat capsaicin, dapat berfungsi meringankan rasa sakit.

Capsaicin merupakan bahan kimia nabati yang berasal dari alam yang sebenarnya oleh cabai rawit digunakan untuk sistem pertahanan dirinya agar tidak dimakan oleh pemangsa seperti hewan.

Untuk mengobati sakit gigi, caranya larutkan cabai rawit yang campur dengan air panas, kemudian celupkan kapas dalam larutan tersebut. Peras sedikit dan langsung terapkan pada gigi yang sakit. Jangan lupa cuci tangan dengan bersih setelah memegang larutan tersebut.

2. Cengkeh

Selain cabe rawit, cengkeh juga efektif untuk meredakan sakit gigi. Sebuah studi yang dilaporkan dalam Journal of Dentistry pada tahun 2006 menemukan bahwa minyak cengkeh dapat meredakan sakit gigi.

Untuk menggunakannya, teteskan 2-3 tetes minyak cengkeh ke kapas dan gosokkan ke gigi yang sakit. Selain dengan minyak cengkeh, penggunaan cengkeh utuh juga menghasilkan efek yang sama, meskipun tidak sekuat minyak cengkeh dan harus sedikit dibasahi dengan air liur sebelum menempatkannya pada gigi yang sakit.

3. Jahe

Jahe juga dapat membantu mengurangi sakit gigi Anda. Jahe bekerja sebagai counterirritant, yang berarti iritasi permukaan dapat membantu mengurangi rasa sakit yang lebih dalam dari sakit gigi.

Untuk cara mengobati sakit gigi menggunakan jahe, campur seperempat sendok teh bubuk jahe dengan seperdelapan sendok teh air hangat untuk membentuk pasta kental. Kemudian celupkan bola kapas ke dalam pasta dan terapkan pada gigi yang sakit karena berlubang.

Tapi perlu diingat, jangan sampai kapas tersebut menyentuh gusi karena bisa menyebabkan rasa panas. Jika menyebabkan ketidaknyamanan, lepaskan kapas dan berkumurlah menggunakan air hangat.

loading...
Loading...
3 Ramuan Obat Herbal untuk Sakit Gigi | akbar | 4.5