Loading...

3 Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil

Tidur sembarangan tidak bisa dilakukan oleh ibu hamil. Posisi tidur yang tidak benar bisa membuat tidur jadi tidak nyenyak dan bisa berbahaya untuk janin yang sedang dikandungnya. Menurut laman Boldsky, ada beberapa posisi tidur yang baik selama masa hamil.

1. Tidur miring menghadap ke kiri

Tidur miring menghadap ke kiri adalah cara terbaik untuk ibu hamil. Kebanyakan ahli medis setuju bahwa posisi tidur ini dapat meningkatkan aliran darah ke bayi.

Jika perut sakit atau terasa terlalu ketat, ini merupakan cara terbaik untuk berbaring dan berisitirahat. Selain itu, tidur di sisi kiri memungkinkan ginjal membuang produk limbah dari tubuh dengan cepat.

2. Tidur telentang
Meskipun tidur telentang tampaknya pilihan yang aman selama kehamilan, tapi nyatanya tidak begitu. Anda dapat mencoba posisi ini di awal kehamilan. Namun, ketika beban perut meningkat, tidur telentang dapat memberi beban berlebih pada tulang punggung. Ini dapat menyebabkan sakit punggung parah.

Pada trimester ketiga kehamilan, bayi mungkin bergerak ke atas menempatkan tekanan pada diafragma. Hal ini dapat membuat Anda menahan nafas. Hindari tidur telentang di tahap akhir kehamilan terutama jika Anda memiliki masalah pernapasan atau keasaman.

3. Tertidur menekan perut
Anda harus khawatir bila tertidur dengan perut tertekan. Selama trimester pertama kehamilan, tidur menekan perut bukan ide bagus. Janin harus selalu dilindungi tulang belakang panggul Anda. dengan demikian, bayi tidak dirugikan jika posisi tidur tanpa sadar hendak menempatkan perut di bawah. Namun, seiring kemajuan kehamilan, perut Anda tumbuh akan membuat fisik tidak mungkin menekan perut.

Panduan Cara Cepat Hamil

loading...
Loading...
3 Posisi Tidur yang Tepat untuk Ibu Hamil | lawas | 4.5