Loading...

3 Penyebab rasa kantuk saat olahraga

Rasa kantuk tidak hanya menyerang di malam hari, tengah hari atau saat kondisi tubuh menurun seperti saat merasa lelah atau capek. Ketika berolahraga pun, anda juga bisa mengantuk meski program latihan yang sedang dijalankan seharusnya membuat tubuh semakin bugar dan bersemangat.

Lantas, mengapa tubuh bisa mengantuk saat berolahraga dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan berikut.

1. Lapar
Jika usai menjalani latihan anda mulai mengantuk, bisa jadi dikarenakan anda menjalani latihan dalam kondisi lapar. Latihan saat perut kosong akan membuat glikogen otot terkuras lebih cepat, sehingga rasa kantuk menyerang akibat gula darah yang menurun.

Usahakan untuk mengonsumsi makanan dalam kurun 30-60 menit sebelum latihan. Namun hindari juga berolahraga saat baru selesai menyantap makanan karena kondisi tubuh masih belum siap untuk berolahraga.

2. Latihan berlebihan
Tubuh memiliki batas maksimal untuk latihan. Hindari berolahraga melewati batas tersebut karena tubuh juga membutuhkkan waktu pemulihan yang cukup setelah latihan. Jiika latihan terlalu berlebihan, maka rasa kantuk akan datang sebagai sinyal tubuh untuk beristirahat.

Untuk mencegahnya, batasi durasi latihan. Jika intensitas latihan cukup tinggi, cukup lakukan 20-45 menit per hari.

3. Kurang tidur
Kurangnya waktu istirahat di malam hari akan memberikan rasa kantuk setelah latihan. Ditambah olahraga yang cukup menguras tenaga, maka tak heran jika tubuh akan merasakan kantuk yang cukup hebat. Hal ini disebabkan karena selain mengantuk, tubuh juga merasa lelah sehingga membutuhkan waktu istirahat yang cukup.

Displinkan waktu istirahat di malam hari. Kurangi begadang atau bekerja hingga larut malam agar tubuh terasa segar keesokan paginya dan anda terbebas dari rasa kantuk setelah latihan.

loading...
Loading...
3 Penyebab rasa kantuk saat olahraga | akbar | 4.5