Loading...

3 Komponen utama dalam menjalin hubungan

Hubungan yang sehat tentu menjadi dambaan seiap orang. Sayangnya masih banyak pasangan yang memiliki hubungan yang timpang atau terjebak cinta buta sehingga hubungannya tidak lagi sehat. Mungkin anda sudah banyak berkorban untuk pasangan atau sering disakiti, namun masih mau menerima dan memaafkan meski ia sudah melakukannya berulang kali.

Cinta yang kehilangan rasionalitas dan logika ini tentu bukan cinta yang layak untuk dipertahankan, karena kita adalah pribadi yang pantas mendapatkan yang terbaik. Untuk menjalani hubungan yang sehat, setidaknya harus dilandasi oleh tiga komponen. Apa saja itu? Berikut uraiannya.

1. Keintiman
Salah satu kunci hubungan yang harmonis adalah keintiman dengan pasangan. Intim berarti ada suatu kedekatan, kenyamanan dan timbal balik yang seimbang. Hal inilah yang membuat seseorang jatuh cinta satu sama lain yang juga didukung oleh perasaaan dan logika. Kedua hal ini pun harus berjalan bersama dan tidak berlebihan sehingga berdampak positif dalam hubungan.

2. Passion
Passion atau hasrat terhadap pasangan dibutuhkan dalam menjalin hubungan. Hasrat tersebut bukan hanya terkait seksual atau finansial saja. Ada juga hasrat untuk saling memiliki dan menjaga satu sama lain, atau hasrat untuk mengayomi pasangan. Namun jika hasrat seorang terhadap yang lain berlebihan, kemungkinan bisa terjebak cinta buta dan hubungan yang tidak sehat.

3. Komitmen
Hubungan yang baik harus terikat pada sebuah komitmen. Ini bukan hanya berbicara tentang pernikahan saja, tetapi juga saat seseorang menjalin hubungan seperti pacaran harus ada komitmen untuk menjalaninya dengan serius. Hubungan yang berlandaskan keintiman dan passion ditambah komitmen akan menjadi jelas arahnya. Komitmen pula yang membuat pasangan terbuka dan saling percaya.

loading...
Loading...
3 Komponen utama dalam menjalin hubungan | akbar | 4.5