Loading...

3 Jenis makanan yang menjadi pemicu stres

Saat ini, orang yang mengeluh karena mengalami stres atau depresi sangat mudah dijumpai. Tuntutan pekerjaan serta tekanan hidup terkadang membuat orang merasa stres. Namun ternyata, makanan juga menjadi salah satu pemicu stres karena kandungan zat tertentu di dalamnya, dan tanpa disadari mungkin saja makanan tersebut sering anda konsumsi.

Lantas, makanan apa saja yang dapat memicu stres? Berikut daftarnya.

1. Fastfood
Banyak penelitian mengungkapkan jika makanan cepat saji adalah makanan yang menjadi pemicu utama terjadinya stres. Bahkan, 51 persen orang yang mengonsumsi fastfood berisiko atau rentan terhadap depresi. Meski terasa nikmat dan mudah pengolahannya, fastfood sangat berbahaya bagi kesehatan. Karena itu, kurangi atau jauhilah makanan cepat saji seperti fried chicken, pizza, hamburger, french fries dan sebagainya. Jika masih sering dikonsumsi, imbangi dengan makanan yang lebih sehat seperti buah dan sayur.

2. Pasta
Makanan khas Italia ini memang banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia. Selain pengolahannya yang mudah, pasta juga bisa menjadi makanan yang pas untuk dikonsumsi di jam makan karena mengandung karbohidrat yang diperlukan tubuh. Tetapi, pasta dapat menjadi pemicu stres terutama bagi wanita dengan usia lanjut. Selain pasta, makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi putih atau roti bagel juga menimbulkan efek yang sama.

3. Minuman manis
Kandungan glukosa dalam minuman manis juga turut mempengaruhi tingkat depresi seseorang. Minuman manis seperti sirup atau yang mengandung soda seperti softdrink disebut-sebut mudah memicu stres terhadap seseorang. Sebaiknya ganti saja minuman manis dengan yang lebih sehat seperti air putih dan teh hijau. Bila suka rasa yang sedikit manis, tambahkan saja madu atau potongan buah segar.

loading...
Loading...
3 Jenis makanan yang menjadi pemicu stres | akbar | 4.5