Loading...

3 Jenis Makanan Yang Memicu Insomnia

Insomnia biasanya terjadi karena faktor kelelahan yang hinggap pada tubuh kita, karena tubuh yang kelelahan terkadang bukan akan membawa kita terlelap dalam tidur, malah justru sebaliknya tubuh yang kelelahan akibat aktifitas yang berlebihan pada siang harinya itu justru akan membuat kita tak bisa tidur pada malam harinya. Selain karena faktor kelelahan dan pola gaya hidup yang kurang sehat, ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu insomnia jika kita mengkonsumsinya pada waktu yang salah dan akan mengakibatkan insomnia pada malam harinya.

1. Kafein

Jenis minuman yang ini memang sudah banyak diketahui orang akan membuat kita tetap terjaga jika mengkonsumsinya di malam hari. Ketika kita mengkonsumsi minuman atau makanan yang mengandung kafein maka kadar adrenalin meningkat, dan memicu peningkatan denyut jantung, dan tingkat pernapasan, produksi urin dan produksi asam lambung. Hal inilah yang membuat mata kita tak bisa tidur kala malam hari mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kadar kafein tinggi. Biasanya kadar dan efek kafein pada tubuh kita akan ternetralisir atau hilang selama kurang lebih 6 jam setelah kita mengkonsumsinya, tergantung dari tingkat kadar kafein dalam makanan atau minuman tersebut.

2. Makanan Pedas

Selain makanan atau minuman yang mengandung kafein ternyata ada makanan lain yang jika dikonsumsi pada malam menjelang beristirahat, maka bisa dipastikan Anda tidak akan bisa memejamkan mata dan mengalami insomnia. Makanan apakah itu? yakni makanan yang berasa pedas, jika Anda mengkonsumsi makanan pedas pada malam hari maka asam lambung akan meningkat, dan kita tahu sejatinya sisitem perncernaan akan melambat ketika malam hari, dan akibatnya jika Anda mengkonsumsi makanan pedas maka lambung Anda akan melambat untuk mencerna makanan tersebut karena kurangnya energi untuk mencernanya. Dan hal itulah yang membuat Anda tetap terjaga di malam hari.

3. Protein

Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dalam jumlah banyak maka bisa dipastikan Anda akan tetap terjaga di malam hari. Kenapa demikian?

Protein termasuk dalam jenis zat yang sedikit cukup sulit dicerna. Pada malam hari sistem pencernaan kita akan melambat dibanding pada siang hari, dan hal inilah yang membuat lambung kita akan sedikit membutuhkan waktu yang lama untuk mencerna makanan atau minuman berat seperti pedas dan makanan yang mengandung protein.

Jika Anda ingin menghindari insomnia maka ada baiknya jika menghindari jenis makanan dan minum yang tiga di atas tersebut. Sebenarnya masih ada beberapa jenis makanan lagi yang bisa memicu terjadinya insomnia. Namun tiga jenis makanan di atas sangat kaut sekali pengaruhnya untuk memicu terjadinya insomnia atau ganguan tidur Anda di malam hari.

loading...
Loading...
3 Jenis Makanan Yang Memicu Insomnia | akbar | 4.5