Loading...

3 Jenis Makanan Sehat yang Baik untuk Jantung

Makanan yang Bisa Bikin Jantung SehatResiko penyakit jantung bisa dikurangi dengan melakukan diet yang sehat setiap hari. Oleh karena itu, sangat perlu untuk mengatur pola diet yang sehat dengan memerhatikan nilai gizi dari semua makanan yang akan dikonsumsi.

Seperti yang dikutip dari laman calorielab.com, berikut tiga jenis makanan yang bisa mencegah penyakit jantung meski hanya boleh dikonsumsi dalam porsi kecil:

1. Buah alpukat
Buah alpukat kaya akan vitamin C dan K, tetapi mereka juga mengandung 15 gram lemak tak jenuh dan dua gram lemak jenuh. Selain itu, satu setengah buah alpukat juga terdiri dari 160 kalori, jadi pastikan untuk tetap pada porsi seperempat alpukat.

2. Kacang-kacangan
Meski tinggi lemak, namun jenis kacang-kacangan memiliki serat, protein, dan omega-3. Sementara, jenis kacang seperti almond mengandung vitamin E dan B, serta magnesium.

Khusus pada Vitamin E, bisa berfungsi sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, serta bisa menyehatkan kulit. Untuk itu, porsi yang dianjurkan sekira 28 kacang-kacangan, dan 22 almond dalam dua sampai tiga kali sepekan.

3. Ikan
Ikan tuna, salmon, dan sarden merupakan jenis ikan yang kaya akan omega 3, dan bisa menjadi sumber kalsium. Namun sayangnya, ikan-ikan tersebut juga kemungkinan mengandung banyak natrium. Untuk itu, ikan yang sudah dikemas dalam kaleng bisa Anda coba.

loading...
Loading...
3 Jenis Makanan Sehat yang Baik untuk Jantung | chsa | 4.5