Loading...

3 Jenis Makanan Penyebab Anda Terlihat Cepat Tua

Pastinya semua orang menginginkan agar bisa selalu terlihat awet muda. Namun sayang, seiring dengan bertambahnya usia, anda akan terlihat semakin menua.

Meski secara alami tubuh akan mengalami penuaan dengan seiring bertambahnya usia, namun beberapa kebiasaan buruk bisa membuat seseorang dan mungkin termasuk anda menjadi terlihat lebih tua dari usia anda yang sebenarnya.

Selain pola hidup yang tidak sehat, jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari juga berpengaruh penting terhadap penampilan anda. Pasalnya, ada beberapa jenis makanan yang bila anda sering mengonsumsinya, ini akan membuat anda menjadi lebih terlihat cepat tua dari usia anda sebenarnya saat ini. Apa saja itu?

Berikut adalah makanan yang menyebabkan penuaan dini yang harus anda hindari agar selalu tampil awet muda :

1. Terlalu banyak garam

Garam sepertinya tidak bisa lepas dari kita. Hampir setiap hari dan selalu kita mengonsumsi makanan yang mengandung garam sebagai bumbunya. Bahkan karena begitu populernya, sampai ada pepatah yang mengatakan “bagai sayur tanpa garam”.

Makan makanan yang mengandung garam sebenarnya boleh-boleh saja. Namun ingat, makanan yang tinggi garam bisa membuat tubuh anda mengalami dehidrasi dan menyebabkan tekanan darah tinggi bahkan gangguan ginjal. Selain itu, garam juga bisa membahayakan kepadatan tulang dan kesehatan mental pada orang tua.

Karena itulah, untuk mencegah efek buruk dari mengonsumsi garam, perbanyaklah minum air putih.

2. Lemak trans

Makanan tidak akan menghasilkan lemak trans secara alami. Lemak trans ini sebenarnya adalah hasil olahan manusia. Lemak trans adalah lemak buatan manusia dengan memadatkan minyak cair. Lemak trans bisa ditemukan pada margarin, shortening, biskuit, crakers, dan makanan berjenis snack lainnya. Kebanyakan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak trans bisa menyebabkan kolesterol, meningkatkan resistensi insulin, obesitas, dan peradangan. Bahkan hasil studi juga menunjukkan bahwa makan daging merah terlalu banyak dan produk susu berlemak juga bisa membuat otak menua lebih cepat.

3. Produk makanan olahan

Contoh jenis makanan olahan dan mengandung gula putih yang cukup tinggi adalah roti, sereal, kue, dan biskuit. Ketika terlalu banyak gula yang masuk ke tubuh, kulit tidak bisa menghasilkan kolagen yang cukup dan menjadi keriput. Selain itu, tubuh juga tidak mampu memperbaiki dirinya sendiri secara efisien. Terlalu banyak asupan gula juga membuat anda lebih cepat kehilangan memori, pendengaran, dan penglihatan. Bahkan menurut hasil dari beberapa penelitian, mengonsumsi gula secara berlebihan juga bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan alzheimer.

loading...
Loading...
3 Jenis Makanan Penyebab Anda Terlihat Cepat Tua | akbar | 4.5