Loading...

3 Cara untuk mendapatkan modal bisnis

Bisnis bisa dijadikan sebagai usaha sampingan, namun jika membesar dan berkembang tentunya bisnis dapat menjadi sumber penghasilan utama anda.Salah satu bisnis yang paling mudah dijalankan adalah bisnis rumahan atau bisnis yang bisa dikerjakan di rumah.

Faktor utama yag harus dipersiapkan dalam bisnis adalah modal. Tidak harus besar, namun setidaknya cukup untuk menutupi biaya operasional. Sebelum memulai, ada baiknya kita menghitung terlebih dahulu berapa jumlah dana yang harus dipersiapkan. Jangan lupa, usaha yang sehat memerlukan rencana keuangan bisnis yang tepat.

Dibawah ini adalah 3 cara untuk mendapatkan dana atau modal usaha anda.

1. Swadaya
Dana ini berasal dari kocek pribadi anda. Bisa saja diperoleh dari hasil warisan, bonus sebagai karyawan, tabungan dari gaji yang dikumpulkan selama bertahun-tahun, penjualan aset investasi dan lain-lain. Jika anda memiliki simpanan dana yang cukup melimpah, memulai bisnis bukanlah hal yang sulit. Anda tinggal menentukan bisnis apa yang cocok dan ingin anda jalani.

2. Pinjaman
Dana ini bisa berupa pinjaman dari bank sebagai kredit modal usaha atau pinjaman dari perorangan. Sebaiknya perhatikan ketika memulai bisnis dengan pinjaman karena anda harus mengatur perputaran arus kas untuk melakukan pengembalian. Hitunglah dengan secermat mungkin. Jangan sampai usaha anda yang baru dimulai harus gulung tikar hanya karena terbelit hutang.

3. Mitra bisnis
Ajaklah teman atau rekan yang memiliki resources untuk menjadi investor dan mitra bisnis anda. Biasanya akan ada perjanjian personal atau hitam diatas putih yang menyatakan bahwa keuntungan dari usaha akan dibagi rata atau investor memiliki berapa persen dari kepemilikan bisnis tersebut. Hal ini tentu lebih baik jika anda memiliki ide bisnis yang cemerlang tetapi terbentur masalah dana ketimbang harus meminjam.

loading...
Loading...
3 Cara untuk mendapatkan modal bisnis | akbar | 4.5