Loading...

3 Cara untuk Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah gangguan kesehatan pada tulang yang ditandai dengan penurunan kepadatan massa tulang sehingga menyebabkan tulang menjadi tipis, rapuh dan mudah retak sampai patah.

Osteoporosis tidak menimbulkan gejala yang jelas, sehingga ketika seseorang mengalami osteoporosis, maka biasanya ia tidak akan menyadari hal tersebut. Seseorang biasanya baru akan mengetahui bahwa ia menderita osteoporosis ketika terjadi keretakan atau patah pada tulang, sehingga penderitanya akan merasa nyeri.

Untuk melakukan pencegahan terhadap osteoporosis, ada tiga cara yang bisa dilakukan, yaitu pencegahan primer, pencegahan sekunder dan tertier. Demikian seperti yang dijelaskan oleh dr Siti Annisa Nuhonni SpKFR dalam sebuah acara “Pelatihan Pencegahan Osteoporosis Mendukung Komitmen Jakarta Bebas Osteoporosis” di Gedung PKK DKI Jakarta, Kebagusan, Jakarta Selatan, seperti yang diberitakan oleh laman Okezone.

1. Pencegahan Primer

Pencegahan primer adalah cara mencegah osteoporosis sejak ketika kita masih sehat, artinya belum terkena osteoporosis. Pencegahan primer terhadap osteoporosis bisa dilakukan dengan menjaga pola makan, aktivitas fisik serta menghindari kebiasaan merokok juga alkohol. Cara mencegah osteoporosis seperti ini perlu dilakukan sejak dini, masa kanak-kanak, remaja dan dewasa muda dimana pada masa itu tubuh sudah mulai membentuk kepadatan tulang.

2. Pencegahan Sekunder

Pencegahan sekunder adalah cara mencegah osteoporosis yang dilakukan pada mereka yang sudah terkena osteoporosis. Adapun cara mencegahnya bisa dilakukan dengan mengonsumsi kalsium dan vitamin D. Selain itu, juga dilakukan dengan melakukan senam osteoporosis, good posture, good support, dan menghindari risiko jatuh yang bisa mengakibatkan patah tulang.

3. Pencegahan Tertier

Adapun untuk pencegahan tertier adalah cara pencegahan yang dilakukan terhadap osteoporosis setelah pasien mengalami patah tulang. Cara pencegahannya bisa dilakukan dengan melakukan latihan fisik, korset, fisioterapi dan aktifitas mandiri.

loading...
Loading...
3 Cara untuk Mencegah Osteoporosis | akbar | 4.5