Loading...

3 Cara meningkatkan kualitas tidur

Seringkali kualitas tidur lebih penting daripada kuantitas tidur. Tidur dalam waktu singkat namun menyegarkan ketika bangun lebih baik ketimbang tidur berjam-jam tetapi masih merasa lelah dan ngantuk saat anda membuka mata. Bagi orang sibuk kualitas tidur sangatlah penting agar tubuh tetap terasa bugar saat bangun dan beraktivitas kembali. Agar kualitas tidur lebih terjaga, tentunya anda bisa mencoba beberapa tips yang dapat menjaga dan meningkatkan kualitas tidur tersebut.

1. Kurangi stres

Stres atau beban pikiran memang suatu hal yang wajar dan sering dialami oleh banyak orang. Namun sebaiknya jangan memikirkan masalah tersebut saat berangkat ke tempat tidur karena hanya akan membuat pikiran menjadi ruwet dan mengurangi kualitas tidur anda. Cobalah untuk mengurangi rasa stres sebelum tidur dengan cara bermeditasi atau olah nafas secara perlahan-lahan sampai pikiran menjadi tenang kembali.

2. Lakukan pekerjaan berat

Pekerjaan berat dan menguras tenang biasanya akan membuat tubuh cepat lelah dan ingin istirahat. Ketika tubuh mulai terasa lelah maka satu-satunya hal yang anda pikirkan adalah tidur atau berisitirahat. Dengan melakukan pekerjaan sedikit berat dan melelahkan maka kualitas tidur anda akan tetap terjaga meskipun harus menghabiskan waktu berjam-jam.

3. Do something fun

Melakukan beberapa aktvitas dan kegiatan yang menyenangkan dipercaya dapat meningkatkan kualitas tidur meskipun hanya dalam waktu singkat. Apa hobi dan kesukaan anda? Lakukanlah sebelum tidur sehingga anda dapat tertidur pulas dengan perasaan bahagia. Alternatif lain, cobalah untuk berkomunikasi atau menghabiskan waktu dengan orang yang anda sayangi, niscaya kualitas tidur anda akan semakin baik.

Manusia memang membutuhkan waktu 7-8 jam untuk tidur dalam sehari. Bukan berarti jika kurang atau lebih dari waktu tersebut maka kualitas tidur akan terganggu. Salah satu indikator apakah jam istirahat malam anda berkualitas atau tidak adalah dengan cara mengecek apakah tubuh terasa segar saat bangun atau malah sebaliknya, merasa lelah dan ngantuk. Tingkatkanlah kualitas tidur dengan cara-cara tersebut agar tubuh anda semakin sehat dan fit.

loading...
Loading...
3 Cara meningkatkan kualitas tidur | akbar | 4.5