Loading...

3 Cara Menghadapi Konflik Yang Terjadi Dalam Hubungan

Pertengkaran dan perselisihan kerap kali terjadi dalam hubungan pacaran. Sebuah konflik memang sudah dibilang hal yang wajar terjadi dalam sebuah hubungan. Yang terkadang menjadi masalah adalah sejauh mana anda dan pasangan menyikapi dan menyelesaikan konflik yang terjadi tersebut, dan sejauh mana pula akibat yang ditimbulkan dari cara penyelesaian yang anda dan pasangan lakukan. Apakah akan terselesaikan dengan damai, atau malah akan memperkeruh suasana yang berdampak pada keselamatan hubungan anda dan pasangan?

Anda harus tahu dan paham cara menangani sebuah konflik dalam hubungan anda. Pasalnya, jika anda menyelesaikan masalah yang terjadi tersebut tanpa mengetahui cara yang benar dan baik, tentu ini malah akan membahayakan hubungan anda. Berikut tiga tips yang harus anda tahu ketika sedang menghadapi konflik dalam hubungan anda :

1. Kontrol Emosi Anda

Emosi pada saat konflik terjadi memang kerap menambah hancur dan runyamnya konflik yang sedang terjadi pada anda dan pasangan. Kontrol emosi anda jika ingin membicarakan dan menyelesaikan masalah anda dengan pasangan. Bicarakan hal tersebut dengan kepala dingin tanpa emosi dan ego masing-masing. Dengan mengontrol emosi ketika sedang menyelesaikan masalah yang terjadi, tentu solusi terbaik akan anda dapatkan.

2. Katakan Maaf Sedini Mungkin

Dari pada harus menyalahkan dan mempertahankan ego serta argumen masing-masing yang belum tentu argumen tersebut benar, lebih baik akui kesalahan anda dan secepatnya katakan maaf pada pasangan anda. Karena mengatakan maaf di awal akan jauh lebih cepat menyelesaikan masalah ketimbang beradu argumen dan ketika anda menyadari bahwa argumen anda salah baru kemudian anda meminta maaf. Dengan demikian tentu konflik akan cepat terselesaikan dan menjadikan anda dan pasangan jauh lebih damai dan bisa mempererat hubungan anda kembali.

3. Bertatap Muka

Ini sering terjadi di masa kini, kemajuan alat komunikasi sering dijadikan sebagai alat untuk membahas masalah yang terjadi, cara itu bukan merupakan ide bagus untuk menyelesaikan masalah. Tanpa bertatap muka dengan pasangan, anda akan lebih kesulitan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi. Sebaiknya anda dan pasangan bicarakan masalah yang terjadi dengan langsung bertatap muka, karena menyelesaikan masalah dengan langsung berhadapan akan jauh lebih cepat menemukan solusi dan penyelesaiannya dibanding tanpa bertatap muka.

Jika anda merasa lebih menghargai hubungan anda dan pasangan dari pada hanya mempermasalahkan masalah kecil yang terkadang bisa menimbulkan konflik yang besar, maka sebaiknya anda ikuti tiga tips di atas. Karena seperti apapun runyamnya sebuah masalah atau konflik yang terjadi pasti bisa diselesaikan. Dengan catatan anda dan pasangan dalam menyelesaikan masalah tersebut tanpa ada emosi dan tanpa mementingkan ego masing-masing.

loading...
Loading...
3 Cara Menghadapi Konflik Yang Terjadi Dalam Hubungan | akbar | 4.5