Loading...

3 Asupan penting bagi pertumbuhan otak si kecil

Agar anak dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik, diperlukan pertumbuhan otak yang baik juga. Para orangtua pun harus selektif dalam memilih jenis asupan yang dan dibutuhkan oleh otak. Kandungan gizi esensial tentu sangat baik untuk menjaga dan mengoptimalkan fungsi otak dan saraf.

Jika gizinya kurang, ditambah kebiasaan makan yang tidak baik serta penyerapan makanan yang tidak optimal tentu akan berpengaruh pada perkembangan otak. Lantas, asupan gizi apa saja yang tepat untuk tumbuh kembang anak? Setidaknya ada 3 asupan penting bagi pertumbuhan otak buah hati anda, seperti berikut ini:

1. Makanan rendah lemak
Makanan yang rendah lemak seperti daging tanpa lemak misalnya, tentu sangat baik bagi pertumbuhan otak si kecil. Kandungan karnitis dan asam amino dalam daging sangat baik bagi kesehatan otak. Mengonsumsi banyak makanan yang tinggi lemak akan mengakibatkan meningkatnya kolestrol yang menyumbat arteri dan mengurangi aliran oksigen ke otak.

2. Gandum dan kacang-kacangan
Roti, sereal dan kacang adalah beberapa makanan sehat yang disarankan oleh ahli kesehatan, apalagi jika dikonsumsi sejak dini. Makanan yang terbuat dari gandum utuh dan kacang-kacangan kaya akan lestin yang menjadi bahan utama untuk memproduksi asetikolin. Asetilkolin merupakan neurotransmitter (zat penghantar rangsangan saraf) yang berfungsi untuk mengirim pesan ke sel lain, termasuk ke otak.

3. Vitamin C, E dan B Kompleks
Antioksidan yang terkandung dalam vitamin C dan E diketahui mampu melindungi otak dari kerusakan dengan cara menetralisir radikal bebas serta mengurangi penurunan fungsi otak. Sementara vitamin B12 dan asam folat mampu mencegah penurunan fungsi otak. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi tersebut tentu sangat baik bagi kesehatan otak.

loading...
Loading...
3 Asupan penting bagi pertumbuhan otak si kecil | akbar | 4.5