Loading...

3 Alasan mengapa harga smartphone semakin mahal

Smartphone kini memang menjadi salah satu perangkat yang harus dimiliki. Bukan hanya dapat membantu penggunanya dalam komunikasi yang berbasis mobile online, smartphone kini juga menjadi salah satu benda untuk menunjukkan prestis atau gengsi seseorang.

Namun, harga smartphone kian hari kian mahal saja. Apalagi ada rencana kominfo untuk memberikan pajak barang mewah pada smartphone. Namun, sebenarnya apa yang membuat harga perangkat telekomunikasi ini semakin tinggi saja harganya? Berikut alasannya.

1. Merek
Saat ini, merek atau vendor juga menjadi salah satu faktor utama mengapa harga smartphone semakin tinggi. Produsen telekomunikasi asal AS, Apple, dikenal akan produknya yang mahal dan menyasar kalangan atas. Sementara itu, masih ada merek lain seperti Samsung, Sony, LG, HTC hingga produsen asal China dengan smartphone andalan masing-masing.
Semakin terkenal suatu merek, biasanya juga ikut mengungkit harga jual smartphone tersebut. Jangan lupa, smartphone bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan saja tetapi juga untuk gengsi.

2. Fitur dan spesifikasi
Jika harga smartphone semakin mahal, biasanya fitur dan spesifikasi yang tersemat didalamnya lebih canggih. Tentu saja tidak mungkin sebuah ponsel dengan kamera 20 MP dijual dengan harga yang sama seperti handphone yang hanya memiliki kamera sebesar 3 MP. Selain itu, spesifikasi, sistem operasi hingga fitur-fitur terkini juga ikut mempengaruhi harga jual smartphone. Ukuran ponsel, lebar layar hingga bahan material ponsel juga turut berpengaruh.

3. Pajak
Seperti yang sudah dijelaskan, salah satu alasan mengapa harga smartphone kian melambung adalah pajak yang tinggi. Jika perangkat tersebut diproduksi diluar dan diimpor ke tanah air, tentunya akan terkena pajak bea dan cukai yang tidak murah. Karena itulah banyak gerai atau toko ponsel yang menjual smartphone dengan harga yang lebih tinggi.

loading...
Loading...
3 Alasan mengapa harga smartphone semakin mahal | akbar | 4.5