Loading...

3 Alasan Kenapa Tidak Boleh Minum Saat Makan

Apakah anda terbiasa minum disela-sela waktu makan anda? Mulai sekarang ada baiknya untuk tidak melakukannya lagi.

Dalam sehari tubuh membutuhkan air setidaknya delapan gelas. Akibat dari tubuh kekurangan air adalah menyebabkan dehidrasi yang pada akhirnya akan membuat tubuh menjadi lemas. Terlebih lagi bila aktivitas yang dilakukan kebanyakan di luar ruangan dengan cuaca cukup panas sehingga menguras keringat.

Akan tetapi minum air juga harus sesuai dengan aturan yang dianjurkan. Karena ada beberapa kondisi dimana sebaiknya kita tidak minum. Salah satunya adalah saat sedang makan. Minum air disarankan lebih baik dilakukan setelah makan selesai. Kecuali memang terpaksa.

Efek Buruk Bila Minum Saat Makan

Dikutip dari laman Boldsky, minum di sela-sela makan bisa memberikan dampak buruk bagi tubuh. Beberapa diantaranya seperti:

1. Mencairkan Asam Klorida
Menurut penelitian, perut mengandung asam klorida yang penting untuk memecah makanan yang kita makan. Saat kita menelan air bersama dengan makanan, kita akhirnya menipiskan asam klorida ini. Hal ini menyebabkan masalah pencernaan seperti makanan tidak hancur dengan benar.

2. Sembelit
Minum saat makan bisa menimbulkan sembelit. Insufisiensi air dalam tubuh juga bisa menyebabkan kelelahan.

3. Perut kembung & gangguan pencernaan
Minum di sela-sela waktu makan juga bisa mengakibatkan malabsorpsi, kembung dan gangguan pencernaan.

Para ahli sendiri menganjurkan untuk minum air yang cukup setengah jam sebelum makan dan satu jam setelah makan. Karena hal ini memungkinkan asam untuk mencerna makanan dengan baik dan mencegah pembentukan gas, kembung dan keasaman. Juga, sebaiknya air yang kita minum adalah air hangat yang akan memungkinkan kita untuk menelan makanan dengan baik.

loading...
Loading...
3 Alasan Kenapa Tidak Boleh Minum Saat Makan | akbar | 4.5