Loading...

3 Aktifitas fisik pengganti olahraga

Terus aktif bergerak seperti berolahraga memang dapat meningkatkan kesehatan serta mengurangi berbagai risiko penyakit. Namun seiring dengan bertambahnya kesibukan tak jarang membuat seseorang mulai jarang berolahraga.

Jika anda tak memiliki cukup waktu untuk berolahraga, coba saja beberapa aktifitas yang dapat membakar cukup kalori dan dapat menjadi pengganti olahraga. Berikut adalah tiga aktifitas fisik yang bisa dilakukan sehari-hari dan membuat anda seolah-olah berolahraga.

1. Menari
Olahraga kardio dalam bentuk lain yang paling sempurna dan menyenangkan adalah menari. Berjoget mengikuti irama musik tentunya lebih baik bagi kesehatan ketimbang hanya duduk di depan televisi sambil mengonsumsi cemilan yang tidak sehat. Selain dapat mengurangi stres, menari juga mampu meningkatkan kelenturan tubuh dan dapat dilakukan dimana saja. Anda pun juga dapat menikmati kegiatan ini tanpa menyadari jumlah kalori yang terbuang karena menggantikan kegiatan olahraga.

2. Duduk di bola keseimbangan
Bola keseimbangan yang sering dijumpai di pusat kebugaran ternyata dapat digunakan dimana saja baik di rumah maupun di kantor. Mengganti sofa atau kursi kerja dengan bola keseimbangan pun dapat membuat tubuh terus bergerak aktif serta membakar kalori karena harus menggerakkan tubuh agar bisa tetap tegak. Tanpa disadari anda pun sudah berolahraga meski hanya duduk terus selama berjam-jam.

3. Berkebun
Aktifitas ini memerlukan usaha dan tenaga yang cukup besar. Mereka yang berkebun harus memindahkan sekantung pupuk kompos yang berat, menyiangi rumput liar, mengangkat penyiram tanaman yang berat, membungkuk, berdiri bahkan bolak-balik untuk sekedar memindahkan tanaman. Selan bermanfaat membakar kalori, aktifitas berkebun juga turut ikut serta dalam program go green dan menciptakan lingkungan yang lebih segar dan asri.

loading...
Loading...
3 Aktifitas fisik pengganti olahraga | akbar | 4.5