Loading...

10 Fakta tentang manfaat coklat hitam bagi kesehatan

Banyak orang menganggap mengonsumsi banyak cokelat dapat memicu kegemukan. Padahal selain coklat yang mengandung banyak susu dan pemanis, masih ada dark-chocholate atau cokelat hitam yang merupakan salah satu makanan tersehat di dunia.

Coklat hitam juga memiliki beberapa manfaat yang tidak disadari oleh manusia, seperti berikut ini:

1. Coklat hitam memiliki 15 persen kalori lebih sedikit dibanding coklat susu. Hal ini membuat coklat hitam lebih sehat untuk dikonsumsi.

2. Cokelat hitam ternyata mengandung bahan unik yang natural. Salah satunya zat alami yang membuat rasa euforia yang hampir sama dengan perasaan saat jatuh cinta.

3. Kandungan cokelat hitam berupa magnesium dan mineral yang dapat membantu meringankan rasa sakit akibat PMS seperti kram, kelelahan, depresi, dan perasaan sensitif seperti mudah tersinggung.

4. Banyak orang cenderung lebih bersemangat setelah mengkonsumsi cokelat. Hal ini dikarenakan coklat hitam mengandung zat antioksidan, seperti yang terdapat dalam anggur merah dan teh, yang dapat membantu meningkatkan aktivitas otak.

5. Mengonsumsi coklat hitam dapat membantu mengurangi stress, membantu memperbaiki ketidakseimbangan badan, serta mengurangi jumlah hormon stres dalam tubuh.

6. Seperti halnya kopi dan the, coklat hitam juga menandung kafein namun dalam jumlah aman. Satu ons dari 70% cokelat hitam mengandung 40 mg kafein, dibandingkan dengan 200 mg kafein yang terdapat dalam setiap 8 ons kopi seduh dan 120 mg yang terdapat dalam teh hitam yang kental.

7. Bahan baku utama cokelat hitam adalah kakao mengandung antioksidan yang dalam memicu dinding pembuluh darah agar lebih rileks, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga oksigen dan nutrisi dapat disalurkan dengan baik ke seluruh tubuh.

8. Zat alami pelindung yang berasal dari coklat hitam dapat membantu mencegah kolesterol dan menempel ke dinding arteri yang tentunya dapat mengurasi resiko serangan jantung dan stroke.

9. Coklat hitam ternyata dapat mengurasngi risiko kematian akibat serangan jantung. Orang yang memiliki risiko terkena serangan jantung disarnkan untuk mengonsumsi cokelat hitam dua kali seminggu.

10. Coklat hitam mengandung lemak jenuh yang disebut asam stearat, atau asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung.

loading...
Loading...
manfaat lemak kakao, fakta coklat hitam

10 Fakta tentang manfaat coklat hitam bagi kesehatan | akbar | 4.5