Zat Kimia Sabun Antibakteri Bisa Picu Kanker dan Tumor Hati?

Bhaya Sabun AntibakteriSiapa sangka sabun cair yang biasa digunakan untuk mencuci tangan dapat memicu tumbuhnya kanker dan tumor hati. Seperti diketahui, pada sabun cair antibakteri terkandung bahan kimia yang disebut Triclosan, dimana fungsinya untuk menghambat pertumbuhan jamur dan mikroba. Selain sabun cair, zat tersebut juga terdapat pada pasta gigi, deodorant dan kosmetik. Tanpa disangka produk yang biasa digunakan untuk kebersihan tubuh itu memiliki bahaya yang dapat memicu pertumbuhan kanker dan tumor hati.

Bahan kimia pada sabun cair antibakteri bisa memicu kanker dan tumor hati ini diungkapkan berdasarkan sebuah studi penelitian, dimana para peneliti telah menemukan zat Triclosan yang menyebabkan terjadinya kanker dan fibrosis hati, dengan melalukan sebuah percobaan di laboratorium pada tikus melalui mekanisme molekul yang juga signifikan dalam manusia. Tikus yang terpapar Triclosan selama enam bulan dianggap setara dengan kandungan Triclosan pada sabun cair untuk mencuci tangan pada manusia kira-kira selama 18 tahun.

Studi ini menunjukan bahwa Triclosan mungkin akan berbahaya ketika dicampur dengan protein yang mendetoksifikasi zat kimia asing dalam tubuh, yang dikenal sebagai reseptor konstitutif androstane. Akibatnya, sel hati akan menjadi Fibrosis, dan Fibrosis inilah yang terus berkembang sehingga menimbulkan Tumor, seperti dikutip dari Healtmeup.com (20/11/2014).

Meskipun efek yang ditimbulkan dari penggunaan sabun cair antibakteri termasuk dalam jangka panjang. Alangkah baiknya sedari dini sudah ada antisipasi. Seperti diketahui, bahan-bahan yang mengandung zat kimia memang kurang baik untuk kesehatan, kandungan zat berbahaya seperti misalnya zat pengawet, jika tertimbun pada tubuh selama bertahun-tahun dan terus menumpuk, bukan tidak mungkin dapat merusak fungsi tubuh.

loading...
Loading...
Zat Kimia Sabun Antibakteri Bisa Picu Kanker dan Tumor Hati? | chsa | 4.5