Loading...

Yuk Ketahui Tanda-tanda dan Cara Mencegah Akibat Fatal Angin Duduk

Tanda-tanda dan Cara Mencegah Angin DudukAngin duduk sebenarnya adalah istilah untuk serangan jantung yang tidak dirasakan oleh penderita. Jika tidak segera ditolong, angin duduk bisa berakibat fatal berupa kematian.

Adapun tanda-tanda penyakit angin duduk yaitu nyeri dada seperti rasa ditekan, keluar keringat dingin, perut kembung, ulu hati seperti ditusuk-tusuk sehingga menimbulkan rasa mual, dan dianggap lebih parah dari masuk angin biasa.

Serangan angin duduk datang secara tiba-tiba. Padahal penderita, sebelumnya terlihat sehat-sehat saja. Penyakit angin duduk disebabkan karena penyempitan lemak dalam tubuh sebagai akibat dari kolesterol tinggi. Penyempitan juga bisa terjadi karena adanya infeksi pada pembuluh darah dan kurangnya oksigen yang masuk kedalam jantung. Ketidak-seimbangan pasokan oksigen dalam tubuh akan mengakibatkan nyeri di dada, Selain itu angin duduk dapat disebabkan oleh Vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah akibat kejang yang terus menerus.

Seperti yang dikutip dari laman Ghiboo.com, Guru Besar Bidang Ilmu Penyakit Dalam FKUI, Prof. DR. dr. Teguh Santoso, SpPD, dalam sebuah jurnalnya menyarakan agar pasien angin duduk segera mendapatkan pertolongan tidak lewat dari 15 menit setelah serangan nyeri pertama.

Menurut Profesor Teguh, ada beberapa variasi rasa nyeri jika terkena angin duduk, yaitu dada seperti ditekan, diremas-remas yang rasanya menjalar ke leher dan lengan, atau merasa terbakar dengan sesak napas dan keringat dingin. Keluhan tersebut bisa merambat ke kedua rahang gigi, bahu, serta punggung. Lebih spesifik, ada juga yang disertai dengan kembung pada ulu hati seperti maag.

Sumber masalah angin duduk ini sebenarnya hanya terletak pada penyempitan pembuluh darah jantung (vasokonstriksi). Penyempitan tersebut menyebabkan sebagian jantung tidak mendapat oksigen dan nutrisi yang cukup, sehingga pasokan darah ke jantung pun jadi tidak seimbang. Kondisi ini akhirnya mengakibatkan kerusakan pada otot jantung yang dapat menyebabkan kematian.

Lebih lanjut menurut Prof. Teguh, satu-satunya cara mencegah akibat fatal yang ditimbulkan oleh angin duduk yang bisa dilakukan hanyalah dengan melonggarkan sumbatan yang terjadi, yaitu dengan memberikan obat antiplatelet (sel pembeku darah) dan anti koagulan. Atau mengantisipasi ketidakseimbangan suplai oksigen dan kebutuhan oksigen ke jantung dengan nitat, betabloker, dan kalsium antagonis.

“Obat antiplatelet yang paling murah dan gampang, ya aspirin. Selain bermanfaat sebagai pertolongan pertama mengatasi nyeri, obat ini juga untuk melonggarkan kembali pembuluh darah yang tersumbat. Kalau berdasarkan hasil diagnosa dokter Anda menderita gangguan jantung, sebaiknya membawa tablet antiplatelet ke manapun Anda pergi, sebagai pertolongan awal sebelum ke rumah sakit. Berikutnya, ikuti semua saran dokter dalam hal pengobatan medis dan pola hidup sehat. Kesembuhan Anda, tergantung pada kepatuhan Anda pada dokter yang menangani,” tegas dokter Femmy Nurul Akbar, SpPD, Spesialis Penyakit Dalam di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI).

loading...
Loading...
cara mengobati masuk angin kedalon, Masuk angin kedalon, angin kedalon, cara mengobati angin duduk, gejala angin duduk, penyakit angin duduk, tanda tanda angin duduk, apa itu angin duduk, masuk angin duduk, penyebab angin duduk, gejala angin duduk pada wanita, tanda tanda masuk angin, obat masuk angin duduk, obat angin sesat

Yuk Ketahui Tanda-tanda dan Cara Mencegah Akibat Fatal Angin Duduk | chsa | 4.5