Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Murah

Tak sabar membeli mobil pertama anda?

Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Suzuki Karimun Wagon R, Datsun Go, Honda Brio Satya. Berniat membeli salah satu dari daftar mobil tadi atau mobil sejenisnya yang disebut sebagai mobil LCGC (= Low Cost Green Car)?

Jika alasan anda membeli ingin membeli mobil LCGC ini adalah karena keuangan anda hanya sanggup untuk membayar mobil dengan harga murah maka anda harus mempertimbangkan masak-masak.

Yang pertama soal BBM. Mobil LCGC ini didesain untuk menjadi mobil ramah lingkungan dan mobil ramah lingkungan menggunakan BBM yang ramah lingkungan juga. Mobil LCGC didesain untuk menggunakan BBM jenis Pertamax yang harganya tidak murah. Jika anda ngotot menggunakan BBM premium, maka anda harus bersiap-siap menghadapi masalah pada mesin mobil anda. Jadi anda harus memperhitungkan juga apakah keuangan anda sanggup untuk membayar kebutuhan BBM Pertamax mobil baru anda kelak.

Yang kedua soal lokasi anda. Mobil LCGC didesain untuk menjadi city car yang hanya bisa diandalkan untuk melewati jalanan-jalanan yang mulus saja. Jika anda sehari-hari masih harus melewati jalanan yang rusak/ tidak mulus, lebih baik urungkan niat anda untuk membeli mobil jenis ini.

Yang ketiga bukanlah pertimbangan dalam membeli mobil LCGC saja, tapi pertimbangan jika anda hendak membeli mobil (mungkin anda berubah pikiran untuk membeli mobil bekas saja sesuai budget anda). Anda harus memperhitungkan biaya servis mobil juga. Bonus gratis service mobil baru paling lama hanya anda dapatkan 1 tahun, jika anda membeli mobil second anda tidak akan mendapatkan bonus service gratis ini.

Service mobil tidaklah murah. Ganti oli setiap 5000 km saja bisa memakan biaya Rp 300 ribu lebih. Mayoritas pembeli mobil LCGC tergiur karena harganya, bukan sekedar karena ingin memiliki mobil ramah lingkungan. Coba anda hitung-hitung lagi, apakah anda sanggup untuk membayar BBM Pertamax, sanggup membayar biaya service dan mungkin biaya cicilan mobil juga (jika anda membelinya secara mencicil)? Jika memang belum sanggup, lebih baik anda menunggu waktu yang tepat untuk membeli mobil.

loading...
About these ads

Loading...
Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Murah | akbar | 4.5
pertimbangan lcgc dan mobil bekas