Yang Harus Dilakukan Saat Pertama Kali Naik Gunung

Apa yang anda bayangkan ketika mendengar naik gunung? Pasti yang terbayang dalam benak kita adalah keindahan samudera di atas awan. Selain itu, kesan dari naik gunung sering melekatkan seseorang sebagai sosok yang keren.
Namun, naik gunung tidak semudah kedengarannya. Banyak hal yang harus dipersiapkan secara matang, apalagi jika yang melakukan pendakian adalah pemula dan baru pertama kali naik.

Tips naik Gunung untuk Yang Baru Pertama Kali Mendaki Gunung

Banyak sekali para pemula yang menganggap enteng naik gunung. Ketika seseorang menyepelekan tentang perjalanan ke gunung, sering kali tidak melakukan persiapan yang matang. Akibatnya bisa fatal, bahkan tidak jarang nyawa bisa melayang.

Inilah beberapa hal yang harus dipersiapkan secara matang :

Jangan naik sendirian

loading...

Pastikan anda tidak naik gunung sendirian. Gunung bukanlah pasar di mana anda bisa minta tolong kepada siapapun. Gunung adalah hutan belantara yang jika kita tidak kuat bertahan, maka akan mati.

Jika orang yang melakukan pendakian adalah seorang pemula, pastikan dia minta ditemani dengan seseorang yang sudah ahli dan malang melintang melakukan pendakian di berbagai medan.

Pelajari medan yang akan didaki

Setiap gunung dimanapun pasti mempunyai karakteristik yang berbeda. Dari mulai jenis gunung, ketinggian, suhu, jenis hutan, ketersediaan makanan, medan perjalanan dan masih banyak hal lainnya. Pelajari hal tersebut untuk mengetahui tentang hal yang harus kita persiapkan. Misalnya, ada gunung yang di puncaknya tidak terdapat sumber air, maka harus bawa air dari bawah. Rute perjalanan juga harus dipelajari secara cermat, jika kita salah maka bisa tersesat.

Sediakan peralatan

Peralatan adalah hal yang sangat vital di gunung. Beberapa peralatan wajib antara lain tenda dome, sleeping bag, matras, kompor dan peralatan lainnya. Jika peralatan yang dibawa tidak efektif, maka dapat menyebabkan hal-hal yang sangat berbahaya. Ketika kita berada di gunung, maka kita akan mudah merasa lapar dan kedinginan. Hal tersebut harus bisa ditanggulangi dengan alat-alat yang kita bawa.

Bekal makanan

Makanan adalah hal yang sangat vital di gunung. Di gunung tidak ada yang menjual makanan. Itulah mengapa, sebelum keberangkatan segala sesuatu keperluan di gunung harus benar-benar dipersiapkan dengan matang. Kita harus bisa memperkirakan jumlah bahan makanan yang akan kita habiskan selama di gunung.

Olahraga

Olahraga dapat membantu melatih organ-organ tubuh secara fisik dan mental. Lakukan olahraga yang rutin sebelum naik gunung. Hal ini sering diabaikan, padahal ini sangat penting untuk mendongkrak stamina.

Lakukan pendakian legal

Ada beberapa kasus pendakian yang tidak melakukan pendaftaran ke pos pendakian. Hal ini benar-benar sangat merepotkan. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, maka akan sulit mendapatkan bantuan karena kita sudah melanggar. Jika kita terdaftar di pos pendakian, maka kita akan mudah diidentifikasi dan jika terjadi sesuatu akan lebih mudah diurusi.

Berdoa kepada Tuhan

Tuhan pencipta alam semesta yang memancangkan gunung. Mintalah perlindungan kepada-Nya saat kita berada di alam bebas. Selain itu, bertindaklah secara sopan dan sesuai adab. Ingatlah, di gunung tidak hanya anda saja yang hidup, tetapi makhluk yang tidak bisa kita lihat jga ada di sana.

Prinsip pencinta alam

Prinsip pencinta alam harus diterapkan di igunung. Hal ini untuk melatih kedisiplinan, kecintaan terhadap alam dan sebagai salah satu langkah supaya alam tetap alami seperti seharusnya. Pencinta alam sering mempunyai prinsip “jangan ambil apapun kecuali foto, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak, jangan bunuh apapun kecuali waktu”.

loading...
Loading...
Yang Harus Dilakukan Saat Pertama Kali Naik Gunung | akbar | 4.5