Waspadai Penyebab Bau Mulut

Bau mulut bisa mengganggu rasa percaya diri seseorang. Memiliki masalah bau mulut juga menyebabkan seseorang tidak leluasa berbicara karena terus menerus harus menutupi mulut. Bau mulut juga membuat orang jadi malas untuk mendekat dan berbicara lebih dekat.

Penyebab Bau Mulut

Penyebab bau mulut terutama berasal dari mulut. Namun demikian, beberapa penyakit kronis juga ditengarai bisa menyebabkan munculnya bau mulut. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan bau mulut diantaranya:

1. Makanan

Beberapa jenis makanan atau bumbu makanan tertentu memiliki bau yang cukup tajam, seperti bawang, daging, dan durian. Tentu saja bila memakannya dan ada sisa yang tertinggal di dalam mulut bisa meninggalkan jejak bau, apalagi bila terselip diantara gigi.

2. Masalah Gigi dan Gusi

Gigi yang berlubang (terutama yang sudah dalam dan membusuk), sisa akar gigi yang tidak dicabut, gusi yang meradang (membengkak), ataupun banyaknya karang gigi, bisa mengeluarkan bau tertentu yang tidak sedap. Kondisi-kondisi tersebut merupakan tempat tertimbunnya bakteri.

3. Kebersihan Mulut

Kurangnya menjaga kebersihan mulut bisa menjadi sumber utama penyebab bau mulut. Jika anda tidak menyikat gigi dengan bersih, maka sisa makanan yang ada akan diuraikan oleh bakteri yang akan menghasilkan gas kimia volatile sulfur compounds (VSCs). Lidah merupakan daerah penyumbang terbesar bau mulut, terutama di daerah bagian belakang. Karena di daerah tersebut kering, adanya sisa partikel makanan, dan sel-sel mati menyebabkan bakteri penghasil VSCs tumbuh dengan suburnya.

4. Kurang Cairan

Air ludah membantu membersihkan mulut. Kurangnya asupan air minum atau adanya dry mouth bisa membuat mulut kering dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Contoh paling umum saat tidur, produksi air liur berkurang dan saat bangun pagi mulut akan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

5. Gaya Hidup

Kebiasaan minum kopi, merokok, minum minumanan beralkohol, dan lainnya juga bisa menyumbangkan bau mulut.

6. Penyakit kronis

Adanya penykit kronis dalam tubuh juga bisa memicu timbulnya bau mulut. Namun hanya sekitar 10% dari penyebab bau mulut bersumber dari penyakit kronis. Beberapa jenis penyakit kronis yang bisa menyebabkan munculnya bau mulut diantanya penyakit diabetes, reflux asam lambung, gagal ginjal, gagal hati, kondisi hidung (seperti infeksi sinus) dan tenggorokan, serta konsumsi obat-obatan yang bisa menurunkan produksi air liur.

Untuk cara mengobati bau mulut pastinya kita terlebih dahulu harus mengetahui apa sebenarnya penyebab bau mulut yang dialami. Dengan demikian kita akan lebih mudah dalam mengatasi dan melakukan pencegahan terhadap munculnya masalah bau mulut.

loading...
Loading...
bujur bau

Waspadai Penyebab Bau Mulut | akbar | 4.5